KampungBerita.id
Peristiwa Tapal Kuda Teranyar

Kemarau, 7 Wilayah Kecamatan di Situbondo Krisis Air Bersih

Pembagian air bersih oleh petugas BPBD Kabupaten Situbondo

KAMPUNGBERITA.ID – Tujuh kecamatan di Situbondo mulai terancam kekeringan. Kecamatan yang terancam itu; Banyuputih, Jangkar, Arjasa, Kendit, Suboh, Besuki dan Banyuglugur. Dari tujuh kecamatan itu, ada sepuluh desa yang diperkirakan terjadi kekurangan air bersih pada musim kemarau tahun ini. Data tersebut disesuaikan dengan jumlah wilayah yang mengalami kekeringan pada tahun 2017.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo BPBD memprediksi, kekeringan tidak akan jauh berbeda dengan tahun lalu, yaitu tersebar di tujuh kecamatan dan sepuluh desa.

“Sampai saat ini, sudah ada dua desa yang melaporkan kepada kami mulai mengalami kekeringan, yakni Desa Sopet, Kecamatan Jangkar dan Desa Sumberejo di Kecamatan Banyuputih,” ujar Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Situbondo, Gatot Trikorawan kepada wartawan.

Laporan sebagai daerah kering dan menjadi langganan kekeringan setiap tahun itu disampaikan oleh camat setempat.Gatot menambahkan, karena sudah ada beberapa desa yang mulai alami kekeringan dan kekurangan air bersih, pihaknya berharap kepada pemerintah desa atau kecamatan untuk menyerahkan data desa yang rawan mengalami kekeringan.

Menurut dia, BPBD belum memastikan jadwal suplai air karena masih menunggu semua laporan masuk dan barulah dilakukan penjadwalan suplai air bersih.

“Teknis pengiriman air tetap menggunakan dua armada truk tangki dan masing-masing armada berisi 5000 liter air dan dalam sehari armada ini mampu mendistribusikan air ke dua lokasi dua kali,” paparnya. KBID-STB

Related posts

Peduli Lingkungan, Pelajar dan Guru Bersih-bersih Pantai Kenjeran

RedaksiKBID

Atasi Kemacetan di Bundaran Taman Pelangi, Pemkot Surabaya Berencana Bangun Underpass

Baud Efendi

Ning Ita Serukan Seluruh OPD Agar Efisiensi Anggaran Seremonial

RedaksiKBID