KampungBerita.id
Kampung Raya Peristiwa Surabaya Teranyar

KKN di Desa Ploso, Mahasiswa UNIPA Surabaya Beri Penyuluhan Stunting

Mahasiswa UNIPA melaksanakan KKN di Desa Ploso, Krembung, Sidoarjo dengan memberikan penyuluhan kepada warga setempat terkait stunting.@KBID-2022.

KAMPUNGBERITA.ID-Mahasiswa UNIPA Surabaya memberikan penyuluhan stunting di Balai Desa Ploso, Krembung, Sidoarjo, Sabtu (24/12/2022). Penyuluhan ini merupakan kuliah kerja nyata (KKN).

Tujuan penyuluhan stunting ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian kepada masyarakat mengenai stunting pada anak, serta mensosialisasikan pemberian asupan gizi pada anak.

Pemateri penyuluhan yang juga dosen UNIPA Surabaya, Tetty Rihardini mengatakan, stunting merupakan masalah kesehatan yang umum terjadi di Indonesia.

Kepada warga Ploso, Sidoarjo, dosen Fakultas Sains dan Kesehatan UNIPA Surabaya ini menjelaskan tentang penyakit seperti apa stunting dan apa penyebabnya.

Stunting adalah salah satu penyakit kronis yang mempengaruhi faktor pertumbuhan anak-anak,” kata Tetty saat memberikan penyuluhan ke warga.

Sementara untuk penyebab dari stunting dapat mengganggu pertumbuhan pada anak. “Stunting juga menjadi salah satu penyebab tinggi badan anak terhambat, sehingga lebih rendah dibandingkan anak-anak seusianya,”ungkap dia.

Lebih jauh, dia dengan gamblang membeberkan ciri-ciri stunting yang umum dikenali, yakni pertumbuhan gigi terhambat, tidak banyak melakukan eye contact, performa buruk pada tes perhatian dan memori terhambat serta tanda pubertas terlambat.

Untuk pencegahan stunting, kata Tetty, orang tua perlu memberikan asupan makanan bergizi pada anak, menyediakan akses air bersih, bantuan biaya perawatan kesehatan, memberi penyuluhan pengasuhan orang tua terhadap anak, merevitalisasi posyandu sebagai pemantauan tumbuh kembang balita.

“Kita semua harus berperan aktif dalam pencegahan stunting di desa dan pastikan anak-anak di desa mendapat asupan gizi yang cukup,” pungkas dia.

Sementara mahasiswa peserta KKN, Shohebatuz Shofiyah menegaskan, Prodi Kebidanan UNIPA Surabaya membawa misi pada penyuluhan ini untuk menekan angka stunting di Desa Ploso, Sidoarjo.

“Selain itu, juga untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebutuhan gizi pada anak,” tandas dia. KBID-BE

Related posts

Bangkai KM Santika Nusantara Ditemukan Mengapung di Pulau Bawean

RedaksiKBID

Bangkitkan Energi Positif, Bupati Anna Ajak Emak-Emak Senam Bersama

RedaksiKBID

PKS Surabaya Dirikan Posko Mudik Lebaran di Terminal Bungurasih, Bang Jo: Hati-Hati di Jalan!

RedaksiKBID