KampungBerita.id
Kampung Gaya Surabaya Teranyar

Legislator Surabaya Dorong Pemanfaatan Teknologi Nuklir di Rumah Sakit

Junaidi.@KBID2019

KAMPUNGBERITA.ID – Kalangan DPRD Surabaya mendorong pemerintah kota untuk memanfaatkan tehnologi nuklir pada peralatan rumah sakit. Wakil Ketua Komisi D DPRD Surabaya, Junaedi mengatakan, saat melakukan sosialisasi di Kantor Pemerintah Kota Surabaya, Jumat (19/7) Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) menyampaikan, bahwa di bidang kesehatan, tehnologi nuklir selain bisa digunakan untuk radiologi, juga kemoterapi.

“Ini gagasan yang baik untuk kesehatan di Surabaya,” ungkapnya, Senin (22/7)

Junaedi mengaku, penjelasan Bapeten yang berkaitan penggunaan tehnologi nuklir di bidang kedokteran mendapat respon positif dari pihak rumah sakit. Pertemuan dengan Bappeten dihadiri sejumlah organisasi perangkat daerah, diantaranya Dinas Kesehatan Kota Surabaya , perwakilan RS DR. Soetomo, Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, RS Bhakti Dharma Husada, RS DR. Soewandi dan pakar kesehatan.

“Insyaallah , tahun 2020 Surabaya akan mengurus proses perizinannya,” sebutnya

Legislator Partai Demokrat ini menegaskan, sesuai arahan dari Bappeten proses perizinan penggunaan tehnologi nuklir perlu dikakukan dahulu, agar perencanaan dan pembangunan bsia berjalan.

“Izin operasional di RS BDH dan Soewandi harus diselesaikan dahulu,” paparnya

Ia mengakui, jika sebelum merealisasikan gagasan pemanfaatan tehnologi nuklir di bidang kesehatan perlu ada kajian sebelumnya. Meski masa bhakti kalangan dewan saat ini akan berakhir Agustus 2019. Namun demikian, menurut junaedi anggota dewan periode berikutnya akan mengkaji keinginan pemerintah kota menggunakan tehnologi nuklir tresebut.

“Saya sendiri mendorong bisa terlaksana,” harapnya

Pasalnya, pemanfatan tehnologi nuklir tersebut selaras dengan UU dan PP No. 29 Tahun 2008 berkaitan dengan Perizinan Pemanfaatan Sumber Pengion dan Bahan Nuklir. Junaedi menyebutkan, dalam penggunaan tenaga nuklir terdapat aspek-aspek standarisasi yang harus dipenuhi.

“Perlu dimonitor terus. Jangan sampai pembangunannya keliru, kemudian menimbulkan dampak radiasinya,” kata Junaedi. KBID-DJI

Related posts

Bupati Bojonegoro Sambung Tali Silaturahmi Dengan Paguyupan Segoro Bali

RedaksiKBID

LKPJ Wali Kota TA 2020 Dinilai Lengkap, DPRD Kota Surabaya Minta yang Tertera Diikuti Program- Program Konkret

RedaksiKBID

Gedung Siola Surabaya jadi Mall Pelayanan Publik

RedaksiKBID