KampungBerita.id
Kampung Raya Politik & Pilkada Teranyar

Nama Azwar Anas Mencuat di Bursa Cawagub Jatim, Giliran Emil Dardak Bakal Banyak Dilirik

Azwar Anas-Emil Dardak

KAMPUNGBERITA.ID – Mencuatnya nama Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas sebagai kandidat kuat Calon Wakil Gubernur (Cawagub) dari PDIP pada kontestasi Pilkada Jatim 2018, bakal memacu partai politik melirik Bupati/Wali Kota di Jatim yang berprestasi untuk dijadikan pasangan Calon Gubernur (Cagub) yang akan maju.

Di antara kepala daerah di Jatim yang dinilai layak dan sepadan dengan popularitas Abdullah Azwar Anas adalah Emil Elestianto Dardak Bupati Trenggalek. Pasalnya, selain sama-sama masih muda, suami artis Arumi Bachsin itu juga cerdas, visioner dan berprestasi.

Pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Mochtar W. Oetomo membenarkan jika Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas adalah sosok Cawagub potensial dalam Pilkada Jatim mendatang. Kedua tokoh muda itu bisa mendulang suara pemilih pemula, karena merupakan tokoh media darling dan disukai masyarakat.

“Yang bisa ngimbangi Anas hanya Emil Dardak. Sama-sama muda sama-sama cerdas dan visioner serta sama-sama memberi harapan baru buat publik,” ujar Moechtar saat dikonfirmasi Jumat (22/9).

Lebih jauh Direktur Surabaya Survey Center (SSC) itu menjelaskan bahwa kalau keduanya bertarung pada posisi Cawagub, otomatis suara pemilih pemula akan terbelah. Sebab keduanya merupakan media darling dan vote getter. Karena itu, Mochtar menyarankan supaya Mensos RI, Khofifah Indar Parawansa menggandeng Emil Dardak untuk mengimbangi pasangan Saifullah Yusuf-Azwar Anas yang tinggal menunggu waktu tepat deklarasi.

“Kalau nanti Gus Ipul berpasangan dengan Anas dan lawannya Khofifah berpasangan dengan Emil Dardak, tentu Pilkada Jatim 2018 akan makin seru karena pertarungannya akan sebanding,” ungkap Mochtar.

Di tambahkan Mochtar, Gus Ipul setanding dengan Khofifah memperbutkan suara kaum nahdilyin. Sedangkan Anas setanding dengan Emil memperebutkan suara kaum nasionalis, pemilih rasional dan pemilih pemula. “Kedua pasangan itu memiliki basis massa yang kuat sehingga pertarungan Pilkada Jatim 2018 akan sangat seru,” pungkasnya.

Sebelumnya, Bacagub Jatim, La Nyalla Mahmud Mattalitti dalam satu kesempatan menyatakan akan memilih diantara dua nama yaitu Anas dan Emil jika dirinya berhasil mendapatkan dukungan partai dan maju di Pilkada Jatim 2018. Alasannya, tokoh muda yang cerdas dan visioner layak diberi kesempatan untuk memimpin Jatim. KBID-DAY

Related posts

Banyak Bangunan Tak Sesuai Peruntukan, Komisi A: Pemkot Surabaya Harus Evaluasi Perizinan

RedaksiKBID

Usai Mendaftar, Dua Pasangan Calon di Pilgub Jatim 2018 Jalani Tes Psikologi

RedaksiKBID

Terima Hasil Pungli Prona, Kades Selotapak Dibui

RedaksiKBID