KampungBerita.id
Kampung Raya Teranyar

Pemkab Bojonegoro Salurkan BLT DBHCT Dan Bansos Kemiskinan Ekstrem

KAMPUNGBERITA.ID – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau atau (BLT DBHCT) dan Bantuan Sosial Penanganan Kemiskinan Ekstrem Kabupaten Bojonegoro Tahun 2023. Acara launching bantuan digelar di Pendopo Kecamatan Padangan, Kamis (7/12/2023) Siang.

Hadir dalam kegiatan ini Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto, Kepala OPD, Camat Padangan dan Camat Ngraho, Kepala Kantor BPJS, Kepala Cabang KPPN, Dan Kepala Cabang Bank Jatim Bojonegoro.

Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto mengatakan pemberian bantuan untuk mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Bojonegoro.  Dari data di DAMISDA ada sebanyak 9.000 lebih Kelompok Keluarga Miskin.

“Siang ini kita merealisasikan janji pemerintah memberikan BLT yang bersumber dari DBHCT untuk para buruh yang bekerja di sektor rokok. Kedua, pemerintah menyalurkan bantuan sosial untuk kelompok keluarga miskin ekstrim,” terangnya.

Pj Bupati berharap kegiatan ini bisa mempercepat penurunan jumlah warga miskin di Bojonegoro. Hal ini sekaligus menjadi dukungan untuk program prioritas Presiden menekan kemiskinan secara nasional.

“Bantuan akan terus kita lanjutkan di tahun depan, dan tentunya ini juga akan selalu menjadi prioritas Pemerintah mempercepat penekanan kemiskinan ekstrim,” tegasnya.

Dalam Laporanya, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bojonegoro Arwan menyampaikan BLT DBHCT ini bertujuan mendorong pemulihan ekonomi masyarakat dalam rangka mendukung peningkatan kesejahteraan. Terutama para buruh pabrik rokok dan buruh petani tembakau. Mereka memiliki peranan besar dalam perolehan cukai tembakau.

“Sedangkan Bansos Penanganan Kemiskinan Ekstrim bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat sebagai upaya peningkatan pendapatan sekaligus untuk menrunkan angka kemiskinan,” terangnya.

Pada penyaluran bantuan di Padangan, sebanyak 50 penerima BLT DBHCT buruh pabrik rokok dari total jumlah 9.305 penerima. Kemudian 50 penerima bansos dari total keseluruhan sebanyak 9.374 KPM untuk penanganan kemiskinan.

Penyaluran bantuan kepada penerima manfaat, diserahkan secara langsung oleh Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto. Lalu bantuan kemudian diserahkan oleh Camat Padangan, Kepala Kantor BPJS, Kepala Kantor Cabang KPPN dan Kepala Cabang Bank Jatim Bojonegoro.

Hartini salah satu penerima BLT mengaku sangat senang dengan adanya bantuan tersebut. Ia berharap, kedepan bantuan BLT DBHCT bisa dicairkan lagi.

,“Saya sangat senang dan bahagia, semua karyawan juga mengucapkan banyak terimakasih atas BLT cukai tembakau ini,” ungkapnya.

Sebelumnya pada Rabu (6/12/2023), Pemkab Bojonegoro telah menyalurkan BLT DBHCT dan Bantuan Sosial Penanganan Kemiskinan Ekstrem di Balai Desa Blongsong Kecamatan Baureno. KBID-JUP

Related posts

Delapan Pegawai Puskesmas Porong Diamankan Tim Saber Pungli

RedaksiKBID

Idul Fitri Jatuh pada 2 Mei 2022, Menag Imbau Umat Islam Jaga Keamanan dan Ketertiban

RedaksiKBID

Sadis!, Suami Mantan Istri Disabet Celurit hingga Tewas

RedaksiKBID