KampungBerita.id
Kampung Raya Surabaya Teranyar

Pemkot Surabaya Terbitkan SE Pelarangan Penjagalan Hewan Anjing

Komunitas pecinta hewan saat berunjuk rasa dan minta dihentikan penjagalan terhadap hewan anjing beberapa bulan lalu. @KBID-2022.

KAMPUNGBERITA.ID-Pemkot Surabaya menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 524.13/13506/436.7.9/2022 tentang Pengendalian Peredaran dan Perdagangan Daging Anjing.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi menjelaskan, SE tersebut merupakan tindak lanjut dari surat Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, dalam menjamin keamanan pangan dan pencegahan penyakit infeksi yang ditularkan dari hewan ke manusia.

Dalam SE tersebut juga dijelaskan, bahwa pengawasan, peredaran serta perdagangan daging anjing akan diawasi oleh beberapa dinas terkait yakni Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan, Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata, hingga Satpol PP Kota Surabaya.

“Hewan anjing itu termasuk yang tidak boleh dilakukan penjagalan sehingga nanti pengawasan juga dilakukan oleh kecamatan dan otoritas setempat,”ujar Eri Cahyadi Sabtu (13/8/2022).

Meski SE pelarangan peredaran daging anjing telah diterbitkan, Eri Cahyadi tetap mengajak masyarakat untuk ikut terbuka dan turut memberikan laporan apabila masih ada rumah jagal anjing.

Menurut dia, tidak menutup kemungkinan jika masih ada praktik jagal anjing yang masih tertutup dan sembunyi-sembunyi. Dia juga mengimbau bagi para penjual daging anjing untuk menghentikan peredarannya

“Insya Allah pemkot akan mengganti pekerjaan wirausaha yang sedang digencarkan, yaitu memberikan aset Pemkot Surabaya agar dimanfaatkan warga agar mendapatkan penghasilan,”tandas dia.

Seperti diketahui, pada Juli lalu ditemukan rumah jagal anjing di Kecamatan Lakarsantri. Polisi sudah menindaklanjuti dengan melakukan penggerebekan dan pengamanan. KBID-SS/BE

Related posts

Pemkot Surabaya Kurang Perhatikan Makam WR Soepratman, Trotoar Rusak dan Lampu Penerangan Redup Dibiarkan

RedaksiKBID

Antisipasi Kecurangan, Parpol Pengusung Machfud Arifin-Mujiaman Siapkan 15 Ribu Saksi dan Relawan

RedaksiKBID

Arif Fathony Sampaikan Pesan Ketua DPD Golkar Jatim di Arena Muscam X

RedaksiKBID