KampungBerita.id
Kampung Bisnis Kampung Raya Surabaya Teranyar

Penerapan Single ERP-SAP di TPS sebagai Dukungan Standarisasi Sistem Non Operasional

Petugas TPS berdaptasi terhadap tuntutan digitalisasi.@KBID-2024.

KAMPUNGBERITA.ID-Menandai tiga tahun sejak merger Pelindo, berbagai standarisasi operasional dan komersial telah dilakukan, di antaranya melalui penerapan sistem operasi pelabuhan yang disebut Single Enterprise Resources Planning (ERP) berbasis System Application Program (SAP).

Sistem ini merupakan single platform pendukung berbagai kegiatan layanan non operasional, seperti FI (Finance Accounting), Controlling and Budgeting, Human Capital Management (HCM) dan Purchasing.
Penggunaan SAP ini akan diterapkan secara bertahap di seluruh entitas Pelindo setelah pertama kali diterapkan pada 1 Januari 2024.

Pada 1 Juli 2024 implementasi ini telah diterapkan Terminal Petikemas Surabaya (TPS) merupakan fase ketiga dari blueprint penerapan Single ERP-SAP di seluruh Pelindo Group.

Direktur Utama TPS, Wahyu Widodo menyampaikan, sebagaimana tema ulang tahun TPS di tahun ini, bahwa dalam perjalanan pertumbuhannya, TPS akan selalu beradaptasi, antara lain adaptif terhadap tuntutan standarisasi dan digitalisasi layanan.

“Penerapan single sistem melalui implementasi Single ERP-SAP merupakan langkah standarisasi bisnis yang terintegrasi dengan penunjang kegiatan non-operasional yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, transparansi, dan kualitas layanan di seluruh entitas Pelindo,”kata dia dalam rilis yang dikirim ke redaksi, Senin (1/7/2024)

Berbagai persiapan menjelang implementasi telah dilaksanakan, mulai dari pelatihan bagi user SAP dalam beberapa tahapan secara intensif. Selain itu, sosialisasi juga telah dilakukan kepada internal perusahaan kepada seluruh pegawai maupun di eksternal kepada para pengguna jasa.

“Semua ini bertujuan agar proses transisi sistem dapat berjalan dengan lancar dan minim dampak terhadap layanan dan operasional perusahaan,” beber Wahyu.

Sementara berdasarkan laporan dari tim gabungan, proses migrasi sistem SAP berjalan dengan lancar dan tidak terjadi kendala pada kegiatan operasional. “Proses migrasi sistem SAP telah berjalan dengan sukses, terbukti dengan keberhasilan transaksi booking online pertama yang menggunakan Pelindo Pay dalam Single ERP-SAP, dan berjalan sesuai dengan yang diharapkan, baik untuk kegiatan receiving dan delivery,” ungkap Adjie Rusbandono, salah satu tim gabungan yang ikut memantau proses migrasi.

Dengan implementasi Single ERP-SAP, Pelindo berkomitmen untuk terus mengembangkan dan memperbaiki layanan demi mencapai efisiensi operasional, transparansi yang lebih baik, serta kualitas layanan yang optimal di seluruh entitas perusahaan. KBID-BE

Related posts

Usung Tema B3M, Mahasiswa KKN BBK 2 Beri Pendampingan Belajar Anak SD Desa Kedayunan

RedaksiKBID

Demi Tiket Final Piala Gubernur Jatim, Bonek Rela Antre

RedaksiKBID

98 Kiai dan Tokoh NU Jawa Timur Menerima Vaksinasi Covid-19

RedaksiKBID