Poltracking Rilis Survei Pilkada Surabaya, MA-Mujiaman Unggul Jauh dari Eri-Armuji

Poltracking Indonesia saat merilis hasil survei Pilkada Surabaya.@KBID2020

KAMPUNGBERITA.ID – Lembaga survei politik Poltracking Indonesia merilis hasil survei elektabilitas paslon di Pilkada Surabaya 2020. Hasilnya, paslon nomor urut 2 Machfud-Mujiaman unggul jauh.

Survei digelar survei pada 19-23 Oktober 2020 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling. Jumlah sampel dalam survei ini adalah 1.200 responden dengan margin of error +/- 2,8% pada tingkat kepercayaan 95%. Klaster survei ini menjangkau 31 kecamatan di seluruh Kota Surabaya secara proporsional berdasarkan data jumlah populasi pemilih terakhir.

Hasilnya, pasangan nomor 1 Eri Cahyadi – Armuji meraih 34,1% sementara pasangan nomor 2 Machfud Arifin-Mujiaman meraih 51,7%. Sedangkan yang belum menentukan pilihan 9,2% dan masih bersifat rahasia 5%.

“Pertama, survei ini menunjukkan bahwa berdasarkan pertanyaan dengan simulasi surat suara, elektabilitas pasangan Machfud Arifin-Mujiaman Sukirno 51,7 persen. Unggul dari pasangan Eri Cahyadi-Armuji 34,1 persen,” ujar Masduri, Peneliti Poltracking Indonesia, dalam paparannya di Hotel Novotel Surabaya, Senin (2/11/2020).

Lebih lanjut, survei ini menemukan bahwa dalam pertanyaan kandidat tunggal Wali Kota Surabaya (tidak berpasangan), elektabilitas Machfud Arifin 51,9 persen. Sementara Eri Cahyadi elektabilitas individnya 34,3 persen. Pemilih yang merahasiakan jawabannya berjumlah 6 persen dan belum menjawab 7,8 persen.

“Pun demikian dengan elektabilitas kandidat tunggal Wakil Wali Kota, tingkat elektabilitas Mujiaman 47,5 persen atau lebih unggul dari Armuji dengan 30,7 persen. Dengan pemilih merahasiakan jawaban 10,4 persen dan belum menjawab 11,4 persen,” imbuhnya.

Masduri menambahkan keunggulan Machfud-Mujiaman atas Eri-Armuji karena solidnya pemilih parpol dalam Pileg 2019 lalu untuk memilih calon yang diusung partai pilihannya.

“Dalam survei ini menunjukkan konsistensi peta persebaran suara pemilih berdasarkan basis politiknya. Machfud-Mujiaman yang diusung oleh banyak partai memiliki soliditas pemilih yang tinggi. Terlihat mayoritas pemilih partai pengusung (PKB, Gerindra, Demokrat, Golkar, PKS, NasDem, PAN dan PPP) terlihat solid memilih Machfud-Mujiaman,” terangnya.

“Pemilih PDIP yang notabene partai pengusung utama dan PSI yang merupakan partai pendukung pasangan Eri-Armuji juga terlihat solid dengan memilih Eri Cahyadi-Armuji,” paparnya. KBID-DJI