KampungBerita.id
Surabaya Teranyar

Semarak Hari Ibu, Kader PKS Surabaya Lomba Masak Rawon

Ketua DPD PKS Surabaya, Akhmad Suyanto bersama para pemenang Lomba Masak Masakan Nusantara

KAMPUNGBERITA.ID – Dalam rangka menyambut Hari Ibu pada 22 Desember 2017 mendatang, Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) DPD PKS Kota Surabaya menggelar lomba ‘sreng-sreng’ alias lomba memasak masakan khas Surabaya di Kantor DPD PKS Surabaya, kemarin (17/12).

Lomba kali ini diikuti oleh enam orang peserta yang berhasil lolos dari babak penyisihan sebelumnya. Para peserta pada babak final ini ditantang untuk mengolah salah satu masakan andalan kota Pahlawan yakni Rawon

Seperti diketahui, rawon menjadi masakan khas Surabaya karena selain rasanya yang tiada duanya juga memerlukan ketrampilan khusus dalam meracik bumbu rawon yang ‘jangkep’ alias komplit. Unsur ‘kluwek’ menjadi bahan utama bumbu rawon yang bila tidak dimasak dengan benar akan menyebabkan rasa masakan menjadi langu. Tetapi bila tepat cara memasaknya, rasa masakan rawon akan ‘nendang’ dan membuat ketagihan.

Saat lomba dimulai, tampak para peserta yang tak lain ibu-ibu, cukup piawai dalam mengolah masakan tersebut. Ada yang berkreasi membuat rawon empal, rawon suwir, rawon bumbu santan, rawon mie, rawon dengan nugget tempe, rawon ceker, hingga rawon konvensional dengan kombinasi tempe dan telur asin.

Dalam lomba tersebut, semua peserta dilarang menggunakan bumbu instan. Selain diharuskan meracik sendiri bumbu rawon yang akan dimasak, lomba kali ini sebagai sarana para peserta untuk melestarikan racikan khas kuliner nusantara yang beraneka ragam rasa.

“Masakan Indonesia itu sangat kaya rasa dan merupakan warisan yang perlu dilestarikan. Lomba ini salah satunya, selain sebagai sarana melestarikan masakan nusantara, juga sebagai sarana untuk menguatkan ketahanan keluarga”, tutur Ibu Tri Anwari, Ketua BPKK.

“Seorang ibu yang memasak untuk keluarganya, secara tidak langsung akan mempererat rasa kekeluargaan dan kasih sayang”, lanjutnya.

Ketua DPD PKS Kota Surabaya, Akhmad Suyanto yang hadir dalam kegiatan tersebut cukup terpukau dengan ketrampilan para peserta. ”Ini luar biasa,” katanya. Menurutnya, masakan seorang ibu menjadi sumber energi utama dalam sebuah keluarga.

“Untuk itu PKS berharap melalui lomba ini, ukhuwah dapat menguat antar anggota keluarga dan antar kita semua”, ujar pria yang dikenal dengan sapaan ‘Cak Yanto’ tersebut.

Dari lomba masak ini dipilih tiga orang pemenang. Juara ketiga diraih oleh DPC Gayungan dengan menunya Rawon Mie, juara kedua diraih oleh Ibu Erna dari DPC Jambangan dengan menu Rawon Empal, dan juara pertama diraih oleh Ibu Herni DPC Wonocolo dengan menu Rawon Empal Suwir.

Selain itu juga diumumkan pemenang lomba Rumah Keluarga Indonesia (RKI) yang diikuti oleh DPC PKS se-Surabaya. RKI merupakan salah satu program Pusat Khidmat PKS yang fokus kepada pelayanan terkaitmasalah keluarga. Pemenang lomba RKI tahun ini dianugerahkan kepada RKI Gayungan, RKI Rungkut, dan RKI Wonocolo.KBID-NAK

Related posts

Jaga Independensi Jelang Konferwil Ansor Jatim, Gus Abid Mundur dari Tim Caretaker

RedaksiKBID

Enam Orang Belum Teken Pakta Integritas, Wajah Lama Kader Demokrat Balik Kandang

RedaksiKBID

Gandeng Komunitas, Kapolresta Sidoarjo Gencarkan Disiplin Protokol Kesehatan

RedaksiKBID