KampungBerita.id
Madrasah Teranyar

HIMA Statistika Family Unipa Gelar Pelatihan SPSS

Mahasiswa Unipa saat mengikuti pelatihan SPSS.

KAMPUNGBERITA.ID – Himpunan Mahasiswa (HIMA) Statistika Family, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, menggelar “Pelatihan Statistika Dasar Menggunakan Software SPSS”. Dalam pelatihan ini bertujuan untuk mengenalkan bagaimana pemakaiam SPSS yang di dalamnya ada metode statistik, Minggu (17/12).

Dalam pelatihan ini menghadirkan dua narasumber berkompeten di bidang statistika, yakni Gangga  Anuraga, S.Si., M.Si. dan Artanti Indrasetianingsih, SSi, MSi. “Pelatihan ini fokus membahas tentang Uji Analisis, Analisis Regresi, dan Analisys of Variance (Anova),” kata Ketua Pelaksana Tutik Khalimatul Wasik.

Menurut Tutik, dalam kesempatan ini, akan digunakan sebagai sharing pengetahuan dan wawasan tentang statistika dasar dan cara penerapan software SPSS. “Di sini, peserta bisa praktik langsung SPSS di laptop masing-masing,” tambahnya.

Gangga mengajarkan tentang mengolah data kuantitatif. Dalam slide yang disampaikannya data terkait
discrete dan continuous. Secara lebih dalam Ketua Program Studi Statistika Unipa ini mengupas tuntas
tentang Uji T pada peserta pelatihan. Sementara, Artanti memaparkan tentang Anova. Menurut dosen yang juga jebolan Unipa Surabaya ini pengujian rata-rata lebih dari dua kelompok. Untuk variabel dependen memiliki skala pengukuran interval atau rasio sedang variabel independen skala nominal atau ordinal.

Banyaknya peserta yang hadir menunjukkan suksesnya pelatihan yang digelar di Gedung Soelaiman Joesoef Kampus II Unipa. Peserta yang mengikuti pelatihan datang dari berbagai universitas, di antaranya Universitas Negeri Surabaya dan Universitas Islam Negeri Surabaya. Selain itu, juga ada sesi diskusi untuk menjawab permasalahan yang dialami peserta.

Menurut Tutik, ketua pelaksana, masih banyak yang belum memahami dengan baik tentang SPSS, bahkan seringkali ilmu ini disamakan dengan matematika. Ia menekankan bahwa SPSS bisa digunakan dalam segala hal, seperti pemerintahan, sosial, pendidikan, manajemen ekonomi, psikologi, dan lain-lain. Misalnya, dalam politik biasanya dipakai untuk menghitung hasil pemilu. “Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan para peserta lebih paham tentang SPSS berikut penerapan pada data dan kehidupan sehari-hari,”terangnya. KBID-HUM

Related posts

UNESA Raih Juara 1 Turnamen Futsal Kapolresta Sidoarjo Cup 2019

RedaksiKBID

Risma Tanggapi Enteng Keputusan Menkes soal PSBB di Surabaya

RedaksiKBID

Anggota Dewan terus Bereaksi soal RS Siloam di Cito Mall, Buchori Imron: Jangan Warga Dikorbankan

RedaksiKBID