Siap Gelar Pilkada, KPU Surabaya Launching Pilwali secara Virtual

Ketua KPU Surabaya, Nur Syamsi (tengah) dan Komisioner KPU Subairi serta Helmy dari Cita Entertainmen saat menjelaskan teknis launching pilwali secara virtual.@KBID2020

KAMPUNGBERITA.ID – KPU Kota Surabaya menggelar media briefing launching Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwali) Surabaya lanjutan di tengah bencana non alam Covid -19.

Lauching Pilwali 2020 ini sedikit berbeda dengan launching Pilwali sebelumnya. Sehingga KPU Kota Surabaya menggelar launching Pilwali Surabaya secara virtual dengan melibatkan PPK dan PPS sewilayah Surabaya.

Ketua KPU Kota Surabaya Nur Syamsi mengatakan, dengan melaunching Pilwali Surabaya di tengah pandemi, KPU Kota Surabaya ingin memastikan ke publik bahwa pelaksaanan pesta demokrasi di Surabaya dapat terus berjalan meski dengan adanya aturan protokol kesehatan.

“Bahwa pelaksanaan pilwali surabaya di tengah pandemi siap dilaksanakan tentu dengan memperhatikan dan mentaati prosedur protokol kesehatan secara ketat,” ungkapnya saat ditemui di lokasi launching di Dyandra Convention Hall Jalan Basuki Rahmat Surabaya, Sabtu (15/08)

KPU Surabaya menilai launching dapat meningkatkan optimisme masyarakat tentang proses demokrasi yang harus dilaksanakan sebagai bangsa yang demokratis meskipun harus menyesuaikan diri di tengah pandemi Covid-19.

“Hidup tidak boleh terhenti termasuk kegiatan malam hari ini, termasuk kegiatan demokrasi yang kita laksanakan. demokrasi harus berjalan tetapi harus perhatikan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM Subairi mengatakan, Penamaan launching Pilwali virtual sebagai penyesuaian terhadap kondisi di era pandemi.

“Sebenarnya kita sudah mengagendakan mengundang seribu orang lebih untuk launching ini sebagai pertanda persiapan lahir batin kita untuk Pilwali Kota Surabaya, tetapi karena masa pandemi kita hari ini launching Pilwali Surabaya hanya mengundang 50 orang,” ungkap Subairi.

Bairi juga menjelaskan bahwa keterlibatan PPK dan PPS di 31 Kecamatan dapat dimaknai sebagai semangat launching dan semangat kemerdekaan RI.

“Ada dua semangat yang kita capai selain launching itu adalah semangat kemerdekaan RI ke-75,” katanya.

Sementara Even GOrganizer Launching Pilwali PT Cita Entertainment memastikan launching pilwali Surabaya secara virtual baru pertama kali digelar di Indonesia. ”Kita pastikan ini yang pertama di Indonesia,” kata Helmy owner Cita Enternainment.

Menurutnya, hal ini cukup menarik mengingat di masa pendemi semua pihak termasuk penyelenggara Pilkada masih dibingungkan dengan langkah-langkah bagaimana memulai tahapan Pilkada. Launching Pilwali secara virtual seperti yang dilakukan KPU Surabaya, kata dia, menjadi solusi.

Dalam launching hadir Noe Letto atau Sabrang, tarian-tarian budaya lokal, serta busana-busana yang menjadi ciri khas PPK dan PPS dari masing-masing kecamatan di Surabaya yang mengikuti launching secara virtual dari kecamatan masing-masing. KBID-DJI