KampungBerita.id
Tapal Kuda Teranyar

Situs Baru di Candiwates Prigen Belum Dipastikan Bersejarah atau Tidak

Perangkat desa melakukan pengukuran di lokasi ditemukannya situs baru di Candiwates, Prigen, Pasuruan.

KAMPUNGBERITA.ID – Warga Candiwates, Prigen, Kabupaten Pasuruan dihebohkan penemuan situs peninggalan zaman kuno. Situs tersebut berupa susunan batu bata mirip tangga. Namun hingga kini belum diketahui dengan pasti situs tersebut memiliki nilai sejarah atau tidak.

Belum diketahui dengan pasti siapa kali pertama yang menemukan situs tersebut. Namun berita menyebar dengan cepat di lingkungan warga sekitar. Beberapa warga menilai, situs itu mirip sebuah anak tangga yang enta menuju kemana atau sebuah tangga candi.

Lokasi penemuan itu berada di dusun Kalongan, Desa Candiwates, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Cepatnya berita menyebar, membuat masyarakat berbondong-bondong ingin melihat. Hingga kini banyak warga yang berdatangan untuk melihat situs baru yang bikin heboh tersebut.

“Bahkan, sampai malam kemarin, warga dan pihak desa berada di lokasi,”ujar Halim, salah satu warga Candiwates.

Pihak desa pun datang, mencoba memeriksa. Tidak berapa lama sejumlah petugas diperkirakan dari Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan menyusulnya ke lokasi temuan susunan batu bata itu.
Petugas itu kemudian mencoba meneliti, diantaranya dengan membersihkan bata-bata. Namun kemudian meninggalkannya kembali setelah hari mulai gelap. Sampai saat ini, belum ada penjelasan terkait temuan yang gegerkan warga Candiwates itu.

Warga setempat pun memperkirakan, BP3 akan mengerahkan tim arkeolog untuk menelusuri. Sebab ada kemungkinan susunan bata itu merupakan potongan dari bangunan candi atau bangunan lain. Dikhawatirkan situs tersebut adalah cagar budaya.KBID-PSR

Related posts

Komisi X DPR RI Apresiasi Langkah Mendikbud Nadiem Ciptakan ‘Guru Merdeka’

RedaksiKBID

Risma: Masalah Banjir Bukan Persoalan APBD, Tapi soal Pemahaman Karakter Wilayah

RedaksiKBID

NU HUB Bangun Ekosistem Digital untuk Start Up Santri

RedaksiKBID