Yoni Diduga Peninggalan Kerajaan Kanjuruhan Ditemukan

Yoni salah satu koleksi Museum Mpu Purwa yang dinilai sama dengan yang ditemukan di Dinoyo.@KBID2019

KAMPUNGBERITA.ID – Benda bersejarah dalam bentuk Yoni yang diduga peniggalan kerajaan Kanjuruhan ditemukan warga Kota Malang di lahan bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Dinoyo I Kota Malang, Minggu (1/9). saat ditemukan, benda tersebut tertanam tertanam paving sedalam 30 centimeter dari permukaan tanah.

Anggota Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang, Agung H Buana menuturkan, lokasi penemuan Yoni berada di lorong sempit antara ruang kepala sekolah dan jalan raya oleh seorang kuli bangunan saat memperbaiki saluran air.

“Sesuai dengan ragam hiasnya diduga itu peninggalan Kerajaan Kanjuruhan. Karena ragam hias Yoni memang bermacam-macam, kelihatan ini model pahatannya simple. Itu persis yang di museum Mpu Purwa sekarang,” kata nya.

TACB rencananya akan melakukan inventarisir lebih mendalam, termasuk pengukuran lebih detail Senin (2/9) hari ini. SD Dinoyo I tempat lokasi ditemukan Yoni tersebut memang sempat menjadi lokasi pengumpulan benda cagar budaya. Diduga Yoni tersebut tertanam kembali, setelah dua Yoni lainnya diangkut ke Museum Mpu Purwa. Karena satu Yoni dengan ukuran lebih besar juga masih berada di lokasi yang tidak jauh dari penemuan tersebut. Besar kemungkinan beberapa temuan tertanam di dalam tanah, salah satunya Yoni itu. KBID-MLG