KampungBerita.id
Kampung Gaya Teranyar

26 Pelukis Cat Air Gelar Pameran di Taman Budaya Jatim

Kepala UPT Taman Budaya Jatim, Sukatno saat melihat lukisan di Galeri Prabangkara UPT Taman Budaya Jatim.

KAMPUNGBERITA.ID – Sebanyak 26 orang perupa Jawa Timur mengikuti pameran seni rupa yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur melalui UPT Taman Budaya Jawa Timur, di Galeri Prabangkara UPT Taman Budaya Jatim.

Acara dengan tema “Water Colour Unlimited” dilaksanakan sejak Senin (23/7) hingga Jumat (27/7) mendatang. Masing-masing perupa menampilkan dua karya dengan menggunakan media cat air.

Kepala UPT Taman Budaya Jatim, Sukatno mengatakan kegiatan kali ini sengaja mengangkat karya lukis berbasis cat air sesuai dengan temanya.

“Ini edisi khusus yang sebenarnya edisi yang tidak pernah ketinggalan, karena pada dasarnya kita mengenal lukis di awal menggambar dengan cat air dan berkembang sedemikian rupa dengan berbagai media untuk karya lukis karateristiknya. Maka seakan-akan karya berbasis cat air ini agak terlupakan. Dan setelah disepakati bersama pameran kali ini mengangkat karya lukis yang bahan dasarnya cat air,” kata Sukatno.

Sukatno berharap, agar selama 5 hari pameran digelar, pengunjung tidak hanya ramai pada pembukaannya saja, melainkan hingga penutupan.

“Karena itu saya berpesan dan minta tolong kepada pengunjung dan awak media, agar Pameran Seni Rupa ini juga disebarkan lewat media sosial. Sehingga pameran ini sukses dan ramai pengunjung serta banyak lukisan yang laku terjual oleh para kolektor,” tutup Sukatno yang akan segera memasuki masa pensiun.

Pelukis Hamid Nabhan mengatakan, di pameran kali ini mengangkat tema alam, khususnya alam yang kering, karena di situlah letak keindahaannya kontras. “Seandainya ini musim penghujan hijau semua kan jelek. Kali ini menampilkan 2 lukisan dan 1 lagi on the spot, dengan judul lukisan pemandangan di Kedung cowek dan pemandangan di Pulau Madura. Pembuatan lukisan ini selama 2 hari,” ungkapnya. KBID-NAK

Related posts

Pemkot Siapkan Kajian Pengelolaan Rusun di Surahaya Gunakan Skema BLUD

RedaksiKBID

Tuntut Kejelasan Status Tanah Surat Ijo, P2TSIS Gedung Dewan

RedaksiKBID

Hari Raya Idhul Fitri di Tengah Pandemi Covid-19, Wawali Minta Masyarakat Turunkan Ego

RedaksiKBID