KampungBerita.id
Surabaya Teranyar

59 Persen JCH Kloter 1 dan 2 Embarkasi Surabaya Berisiko Tinggi

Kepala Dinkes Jatim, Kohar Hari Santoso,

KAMPUNGBERITA.ID – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Timur mencatat hampir separuh jemaah calon haji (JCH) kloter satu dan dua dari embarkasi Surabaya berisiko tinggi (Risti).

Menurut Kepala Dinkes Jatim, Kohar Hari Santoso, jumlah jemaah dengan risiko tinggi sebanyak 59 persen dengan usia secara umum di atas 60 tahun atau mempunyai riwayat penyakit.

“Memang kami periksa istitha’ah (mampu,red) ini dan bisa saya sampaikan kurang lebih 59,29 persen jemaah yang sudah masuk yakni kloter satu dan dua risiko tinggi karena usia dan penyakit, paling banyak itu darah tinggi dan diabet,” ungkap dia di sela pelepasan jemaah Embarkasi Surabaya Kelompok Terbang 01 (SUB 01) di Asrama Haji Sukolilo.

Lebih lanjut, dia mengatakan, dari jemaah yang mengalami kerentanan itu satu orang dinyatakan tertunda keberangkatannya karena mengalami patah tulang kaki dan saat ini masih menjalani proses kesembuhan.

“Ada satu jemaah yang tidak bisa diberangkatkan karena patah tulang kaki, saat ini perawatan, jika sudah membaik akan diberangkatkan dengan kloter selanjutnya,” jelasnya.

Masalah kelayakan berhaji bagi calon jemaah menjadi sorotan. Berdasarkan evaluasi pelaksana haji 2017, banyak dari jemaah yang tidak istitha’ah atau tidak mampu dalam menunaikan ibadah haji.
Hal ini membawa kesulitan baru karena sebagian besar hanya bisa terbaring di Tanah Suci dan tidak menunaikan ibadah.

Kohar berharap agar kebijakan Kemenkes tentang kelayakan kesehatan haji dapat di dukung oleh semua pihak. Karena kebijakan tersebut sesuai dengan Syariat Islam. Menurutnya, masyarakat harusnya dibekali dalam manasik haji, tidak hanya rukun dan wajib haji. KBID-NAK

Related posts

Tiket Dirasa Mahal, Warga Pasuruan Ogah Piknik ke Taman Safari

RedaksiKBID

Petugas Gabungan Sosialisasi Larangan Mudik Lebaran di Surabaya

RedaksiKBID

Tuntutan belum Terpenuhi, Driver Online FRONTAL Segel Kantor Grab di Surabaya

RedaksiKBID