KampungBerita.id
Kampung Raya Politik & Pilkada Surabaya Teranyar

Beri Pelayanan Pemudik, PKS Surabaya Dirikan Posko Mudik di Terminal Purabaya

DPD PKS Kota Surabaya secara simbolis memberikan bingkisan kepada perwakilan media massa. @KBID-2022

KAMPUNGBERITA.ID-Sebagai salah satu bentuk khidmat PKS kepada masyarakat, DPD PKS Surabaya mendirikan Posko Mudik 2022 di Terminal Purabaya selama 10 hari, mulai 28 April hingga 8 Mei 2022.

Menurut Sekretaris DPD PKS Kota Surabaya, Cahyo Siswo Utomo, posko ini didirikan untuk membantu warga Jatim yang melaksanakan tradisi mudik.

“Posko Mudik ini dilaksanakan se-Jatim secara serentak dan ada 14 titik. Dan Surabaya adalah salah satunya, dimana DPD PKS Surabaya diamanahi di Terminal Purabaya, “ujar Cahyo pada acara Media Gathering Buka Bersama PKS di Kantor DPD PKS, Sabtu (30/4/2022) malam.

Cahyo mengatakan, Posko Mudik ini memberikan pelayanan kepada pemudik, antara lain layanan buka puasa dan sahur gratis, charger ponsel, pijat elektrik, tempat salat, tempat istirahat, toilet, tempat bermain anak, bantuan kedaruratan, dan aneka informasi seputar mudik.

Bahkan, PKS akan melakukan aksi jemput bola dengan mendatangi pemudik yang sedang istirahat di luar posko.

Posko Mudik PKS yang beroperasi 24 jam ini, lanjut Cahyo dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung, di antaranya ambulans yang stand by di posko. Selain kader, PKS juga menyediakan dokter dan tenaga medis di posko.
“Lewat Posko Mudik ini, PKS ingin melayani warga Jatim yang melaksanakan tradisi mudik dengan baik, aman, dan nyaman,” ungkap dia.

Berapa personel kader PKS yang disiapkan di tenda Posko Mudik, Cahyo yang juga anggota Komisi D DPRD Kota Surabaya ini mengatakan, akan disesuaikan waktu. Namun, berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, minimal 2-4 orang dalam satu tenda dan akan diterapkan shift yang jaga di posko. “Sebenarnya ada posko tetap dan posko mobile. Tapi untuk Surabaya ini kita posko tetap yang lokasinya di Terminal Purabaya,” tandas dia.

Terkait mudik Lebaran tahun ini yang diprediksi bakal tinggi karena sudah tak ada larangan dari pemerintah, Cahyo mengimbau semua pemudik, khususnya yang menggunakan kendaraan pribadi dan motor, agar mengutamakan keselamatan dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan aturan yang berlaku dalam berkendara. Selain itu, juga menjaga kesehatan dan kebugaran dan yang tak kalah penting tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) selama mudik.
“Bertemu keluarga dan sanak keluarga tetap jaga prokes. Saling mengingatkan dan mendoakan dalam perjalanan, ” pungkas Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Surabaya ini.

Sementara Bendahara DPD PKS Kota Surabaya, Arif Fahruddin menegaskan komitmen PKS untuk menjadi parpol Islam yang Rahmatan lil ‘Alamin. Bahkan, pada Ramadan ini PKS Surabaya melakukan buka  dan sahur bersama di 31 DPC (pengurus tingkat kecamatan) dengan tema “Gerakan Berbagi 2 Juta Paket Sahur dan Takjil”.
“Jadi, banyak kegiatan yang dilakukan PKS selama Ramadan ini. Di antaranya Khataman Al-Quran, santunan ke anak yatim, ke makam Wali Lima, megengan, dan bagikan takjil dan bingkisan, ” jelas dia.

Gus Arif, panggilan Arif Fahruddin menyerukan kepada kader PKS untuk menyukseskan kegiatan Ramadan dan  menyatu dengan masyarakat. Sebab, PKS adalah  bagian dari masyarakat dan sebaliknya masyarakat itu bagian dari PKS.

Terkait keberadaan media massa,dia menilai media massa adalah mitra strategis bagi PKS untuk berdakwah.

“Kita tidak akan tinggalkan karakter PKS sebagai partai dakwah. Pesan kebaikan dan keumatan tidak akan sampai ke masyarakat kalau hanya omong sendiri, tanpa bantuan media massa. Jadi, media massa adalah mitra strategis kami, ” tandas dia. KBID-BE

Related posts

Turun ke Masyarakat, Kader dan Pengurus Demokrat Surabaya Bagi Sembako dan 10 Ribu Masker

RedaksiKBID

Kaca Mobil Bacaleg PKB Dipecah saat Mendaftar ke KPU Sidoarjo

RedaksiKBID

Jelang Buka Puasa, Tunjungan Plaza Terbakar

RedaksiKBID