KampungBerita.id
Headline Lakone Politik & Pilkada Surabaya Teranyar

Besok, Selawat Badar dan Pelepasan Burung Merpati Iringi Prosesi Pendaftaran Bacaleg Golkar Surabaya ke KPU

DPD Partai Golkar Kota Surabaya menggelar rapat pleno diperluas untuk penetapan daftar caleg sementara Pemilu 2024 yang akan didaftarkan ke KPU.@KBID-2023.

KAMPUNGBERITA.ID-DPD Partai Golkar Kota Surabaya menggelar rapat pleno diperluas, Jumat (12/5/2023) malam, dengan agenda penetapan 50 daftar caleg sementara (DCS) yang akan di daftarkan ke KPU Kota Surabaya, Minggu (14/5/2023).

Apa itu rapat pleno diperluas?
Ketua DPD Partai Golkar Kota Surabaya Arif Fathoni SH menjelaskan, rapat pleno diperluas adalah rapat yang dihadiri oleh seluruh pengurus pleno DPD Partai Golkar Kota Surabaya dan unsur Ketua Pimpinan Kecamatan Partai Golkar Kota Surabaya.

Sebagai Partai Karya Kekaryaan, Partai Golkar dalam setiap pengambilan keputusannya memang selalu terikat oleh norma dan prosedur yang telah ditetapkan, sehingga partai ini berjalan berdasarkan sistem yang disepakati bersama. “Jadi tidak bisa dijalankan dengan suka-suka apalagi kehendak semaunya seorang nahkoda,” ujar dia, Sabtu (13/5/2023).

Bagaimana komposisi caleg yang akan didaftarkan? Toni, panggilan Arif Fathoni mengaku bersyukur sebagai partai nasionalis dan religius, Golkar konsisten mewakili nilai-nilai Keindonesiaan. “Alhamdullilah 50 caleg Partai Golkar DPRD Kota Surabaya yang akan kita daftarkan terdiri dari pengurus partai dan juga warga Surabaya yang melabuhkan hatinya ke Partai Golkar. Ada pengusaha, aktivis perempuan, dosen, dokter, pegiat media sosial, pengacara (kurator) dan lain sebagainya,” ungkap Toni yang juga mantan jurnalis ini.

Dari sisi usia, lanjut dia,
juga variatif. Ada yang berusia di bawah 30 tahun, juga ada yang sudah berpengalaman dalam menapaki kehidupan ini. Ada yang beragama Islam, Hindu, Budha, Protestan, Katholik , Khonghucu dan juga penganut kepercayaan.

Bagaimana dengan suku?
Komposisi 50 Caleg Partai Golkar DPRD Surabaya juga terdiri dari suku Jawa, Madura, Tionghoa, Ambon, Bugis dan lain sebagainya.
“Inilah indahnya Partai Golkar. Semua berkumpul untuk menjaga nilai-nilai ke Indonesiaan kita, yakni Bhinneka Tunggal Ika,” tandas Toni yang juga anggota Komisi A DPRD Kota Surabaya ini.

Sementara untuk prosesi pendaftaran ke KPU Kota Surabaya besok, Toni menuturkan,
setiap calon legislatif Golkar diwajibkan hanya boleh membawa satu orang keluarga terdekat, bisa orang tua, bisa saudara, bisa suami atau istri. Karena, pihaknya menyadari bahwa 50 orang ini akan berjuang untuk memenangkan hati masyarakat Surabaya maka proses menuju ke sana pasti akan menyita banyak waktu, tenaga, pikiran dan biaya. “Karena itu, restu dari keluarga ini akan menjadi sangat penting dalam perjalanan politik ini,” imbuh Toni.

Proses pendaftaran akan diawali dengan doa lintas iman yang akan dipimpin oleh para pemuka agama yang seperti disebutkan di atas. Setelah itu, para caleg akan berjalan kaki ke kantor KPU Kota Surabaya dengan diiringi Selawat Badar. “Karena jarak Kantor Partai Golkar Kota Surabaya dengan KPU Surabaya hanya kurang dari 50 meter, maka kami tidak melakukan long march, namun hanya short march, ” beber Toni.

Setelah prosesi pendaftaran di KPU Kota Surabaya selesai, seluruh calon legislatif Partai Golkar DPRD Kota Surabaya akan melepas 50 burung merpati disamping KPU Kota Surabaya.
Kenapa burung merpati? Menurut Toni, ada pepatah bijak bahwa merpati tidak pernah ingkar janji. Itulah yang akan menjadi pengingat setiap calon legislatif Partai Golkar DPRD Surabaya kelak jika telah berhasil memenangkan hati masyarakat Surabaya dan mendapatkan mandat untuk duduk di kursi DPRD Surabaya.

“Ya, ini agar mereka tidak berkhianat terhadap amanat rakyat. Malu sama merpati yang diciptakan Allah SWT Tuhan YME tanpa akal, sementara manusia di ciptakan dengan kesempurnaan akal dan budi,” ucap dia.

Burung merpati juga selama ini disimbolkan sebagai burung perdamaian. Jadi, pelepasan 50 burung merpati juga sebagai pesan Golkar kepada semua pihak mari pesta demokrasi ini disambut dengan riang gembira.Golkar sebagai partai jalan tengah senantiasa terus bekerja untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Untuk itu, tegas Toni, politik harus mempersatukan anak bangsa, bukan malah sebaliknya. Oleh sebab itu sudahi politik kanan atau kiri yang selama ini membuat potensi keterbelahan anak bangsa menjadi cukup terbuka. “Calon legislatif Partai Golkar hadir untuk terus menjaga nilai Keindonesiaan kita,” ujar Toni.

“Selamat berjuang memenangkan hati masyarakat Surabaya seluruh calon legislatif DPRD Surabaya dari Partai Golkar. Senangkan hatinya, maka akan kita rebut hatinya.Selanjutnya dengan memohon ridho Allah SWT, Tuhan YME semoga seluruh calon legislatif Partai Golkar DPRD Surabaya diberikan kemudahan dan kesehatan dalam melalui proses perjuangan ini, sehingga target yang telah di tetapkan bisa terpenuhi, ” pungkas Toni. KBID-BE.

Related posts

Pengembang Perumahan Surabaya Barat Dinilai Arogan, Warga dan Pelaku Usaha Minta Pemkot dan DPRD Turun Tangan

RedaksiKBID

Produk Unggulan Koperasi dan UMKM Sidoarjo Dipamerkan

RedaksiKBID

Liponsos Surabaya Overload hingga 71 Persen, Terbanyak Dihuni ODGJ

RedaksiKBID