KampungBerita.id
Headline Kampung Raya Nasional Politik & Pilkada Surabaya Teranyar

DKPP Akan Periksa Ketua dan Anggota KPU Bojonegoro Terkait Seleksi PPK

Sekretaris DKPP, Yudia Ramli.@KBID-2023.

KAMPUNGBERITA.ID-Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) akan menggelar sidang pemeriksaan dugaan pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP) perkara Nomor 12-PKE-DKPP/I/2023 di Kantor Bawaslu Provinsi Jatim, Surabaya, Senin (20/2/2023) pukul 10.00.

Perkara ini diadukan oleh Salahudin Raharjo. Dia mengadukan ketua dan empat anggota KPU Kabupaten Bojonegoro, yaitu Muchamad Muchlisin, Fatma Lestari, Mustorifin, Fatkhur Rohman, dan Robby Adi Perwira. Secara berurutan, kelima nama tersebut berstatus sebagai teradu I sampai teradu V.

Dalam pokok aduan, Salahudin mendalilkan para teradu tidak berintegritas, profesional, jujur, adil, dan selektif dalam memberikan penilaian kepada peserta tes wawancara dalam proses seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Dander untuk Pemilu 2024.

Sesuai ketentuan Pasal 31 ayat (1) dan (2) Peraturan DKPP Nomor 1 Tahun 2021 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan DKPP Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pedoman Beracara Kode Etik Penyelenggara Pemilihan Umum, sidang akan dipimpin oleh anggota dan tim Pemeriksa Daerah (TPD) Provinsi Jawa Timur.

Sekretaris DKPP, Yudia Ramli dalam rilisnya mengatakan, jika agenda sidang ini adalah mendengarkan keterangan pengadu, teradu, saksi-saksi atau pihak terkait yang dihadirkan. “DKPP telah menjadi memanggil semua pihak secara patut, yakni lima hari sebelum sidang pemeriksaan digelar,” jelas Yudia.

Dia menambahkan, sidang kode etik ini bersifat terbuka untuk semua umum. Yudia juga mengungkapkan bahwa DKPP akan menyiarkan sidang ini melalui akun Facebook DKPP, @medsosdkpp dan akun Youtube DKPP.

“Sehingga masyarakat dan media massa dapat menyaksikan langsung jalannya sidang pemeriksaan ini,” pungkas dia. KBID-BE

Related posts

Pertama Kali Sejak Menjabat, Ning Ita Bakal Mutasi Puluhan Pejabat

RedaksiKBID

Tertimbun Material Tanah Longsor, Jalur Pacitan-Ponorogo Lumpuh

RedaksiKBID

Suami Punya Hutang, Sepeda Motor Istri Dirampas

RedaksiKBID