KampungBerita.id
Headline Kampung Gaya Teranyar

Gelar Festival Makanan Khas, Gus Ipul Berharap Ekonomi di Jatim Ikut Terangkat

Wagub Jatim Gus Ipul, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim Jarianto meninjau beberapa stan di acara Festival Makanan Jatim 2017 di JX Expo.

KAMPUNGBERITA.ID – Festival Makanan Khas Jawa Timur ke-17 tahun 2017 di Surabaya yang dibuka sejak Selasa (19/9) dipadati pengunjung. Kegiatan yang sudah digelar sejak tahun 2000 itu dijadikan even kepariwisataan tahunan.Even ini juga sebagai ajang menggali potensi beragam makanan tradisional yang merupakan identitas budaya bangsa dan kearifan lokal yang dimiliki oleh daerah.

Wakil Gubernur Jawa Timur Drs H Saifullah Yusuf mengatakan, produk kuliner merupakan salah satu kearifan lokal, peninggalan nenek moyang, serta menjadi ciri khas suatu daerah, bahkan dapat dikatakan sebagai warisan budaya bangsa. “Dengan melestarikan produk kuliner khas yang ada di setiap kabupaten/kota di Jatim, maka akan tumbuh ikon destinasi wisata kuliner baru di masing-masing daerah. Hal itu akan menjadi pengungkit perekonomian di daerah, sehingga perekonomian Jatim juga ikut terangkat,” kata Gus Ipul saat berukunjung ke lokasi festival beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur Jarianto, mengatakan dengan adanya kegiatan ini akan bermunculan kreasi menu makanan terbaru sebagai warisan budaya.“Ini dapat dijadikan promosi kepariwisataan daerah, sehingga akan berdampak pada tingkat kunjungan dan kepuasan masyarakat maupun para wisatawan,” kata Jarianto.

Tema festival makanan khas Jawa Timur 2017 kali ini adalah “Melalui makanan khas kita tingkatkan peran wisata kuliner mengembangkan pariwisata di Jawa Timur”. Kegiatan ini tujuannya meningkatkan kreatitivitas pelaku usaha pariwisata bidang makanan dan minuman (Mamin) khususnya penyedia makanan khas daerah yang menarik, sehingga dapat dijadikan daya tarik wisata kuliner masyarakat, wisatawan nusantara maupun manca negara.

Selain itu juga untuk menumbuh kembangkan diversifikasi dalam bidang boga serta melestarikan kuliner nusantara khususnya makanan khas daerah yang ada di Jawa Timur. Kemudian memfasilitasi dalam rangka mempromosikan makanan khas Jawa Timur untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

Selanjutnya peserta festival makanan khas Jawa Timur 2017 sebanyak 31 peserta yang terdiri dari pengusaha hotel, restoran, rumah makan, jasa boga yang mewakili 28 kabupaten/kota Jawa Timur. Kemudian dalan acara ini ditetapkan lima pemenang dan 7 kuliner favorit.

Kegiatan Festival makanan khas Jawa Timur, diharapkan mampu sebagai daya tarik wista kuliner yang menarik dan dapat mendorong kinerja pengelola hotel, restoran, rumah makan dan jasa boga dalam rangka meningkatkan konteribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Jawa Timur.KBID-NAK

Related posts

Musrenbang Dinilai Mbulet, Cak Sam: Warga Sambut Antusias Program untuk RT Rp 150 Juta Per Tahun

RedaksiKBID

Pemerintah Tetapkan 4 Trayek Angkitan Perintis Baru di Jawa Timur

RedaksiKBID

Komisi D DPRD Surabaya Apresiasi Kerja Keras Semua Pihak terkait Akses Kesehatan Masyarakat

RedaksiKBID