KampungBerita.id
Bumi Malang Kampung Raya Matraman Nasional Surabaya Tapal Kuda Teranyar

Jalan Provinsi di Jatim Siap Dilintasi Pemudik Lebaran 2023

Perbaikan jalan provinsi di Mojokerto terus dikebut untuk persiapan mudik Lebaran 2023.@KBID-2023.

KAMPUNGBERITA.ID-Menjelang pelaksanaan arus mudik-balik Lebaran, kondisi infrastruktur sedang menjadi perhatian serius Pemprov Jatim. Saat ini perbaikan jalan provinsi di sejumlah wilayah berlangsung.

Berdasar data Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Jatim, dari total panjang jalan provinsi yang mencapai 1.421kilometer, 89 persen di antaranya berstatus mantap.

Sementara itu, 11 persennya atau sekitar 157 kilometer masih di bawah standar kemantapan. ’’Dalam arti jalan tidak rusak, tapi bergelombang,’’ ujar Kepala DPUBM Jatim Edy Tambeng Widjajadi DPRD Jatim seperti dilansir JPNN, kemarin.

Meski demikian, Edy memastikan seluruh jalan provinsi siap untuk dilintasi selama arus mudik dan balik. Dia menjamin kondisi jalan di Jatim rata-rata bisa dilalui dengan kecepatan 60 kilometer per jam.

Hingga kini, pemprov masih melanjutkan perbaikan jalur-jalur provinsi. Bahkan, DPUBM Jatim menerjunkan tim di sejumlah daerah yang banyak terdapat jalan berlubang. ’’Yang terakhir perbaikan di Blitar,’’ungkap dia.

Selama ini, lanjut dia, pemeliharaan rutin jalan paling banyak ada di wilayah selatan. Terutama Pacitan dan Malang yang beberapa kali mengalami longsor. ’’Anggarannya banyak tersedot di wilayah selatan,’’ papar dia.

Tahun ini Jatim menganggarkan Rp 50 miliar untuk pemeliharaan rutin jalan. Anggaran itu mencakup 1.421 kilometer panjang jalan yang menjadi kewenangan pemprov.

’’Jika ditemukan ada jalan yang berlubang, masyarakat diminta melapor ke DPUBM Jatim. Petugas akan datang dan memperbaiki,’’pungkas dia. KBID-JPNN/BE

Related posts

Suko Widodo Puji Keputusan Megawati soal DPC PDIP Surabaya

RedaksiKBID

Risma Ditegur Mendagri dan Tiga Kali Mangkir Panggilan Bawaslu

RedaksiKBID

Panitia Tak Sediakan Layar Lebar, Hanya Suporter Bertiket yang Bisa Masuk GBT

RedaksiKBID