KampungBerita.id
Bumi Malang Kampung Bisnis Peristiwa Surabaya Teranyar

Jelang Arus Balik, Kampung Tempe Sanan Malang Dipadati Pengunjung

Menjelang arus balik, pusat oleh-oleh keripik tempe khas Malang di Kampung Sanan Blimbing ramai pengunjung. @KBID-2022

KAMPUNGBERITA.ID-Menjelang momen arus balik, Kampung Tempe Sanan di Kelurahan Purwantoro, Blimbing, Kota Malang, yang merupakan pusat oleh-oleh keripik tempe dipadati pengunjung.

Umumnya, mereka adalah wisatawan atau pemudik yang berburu oleh-oleh khas Kota Malang.

Dari pantauan media ini, Kamis (5/5/2022), pada momen Lebaran ini, warga Kampung Tempe Sanan memang ketiban berkah. Meski kini di Malang sudah banyak kue artis, tapi pengunjung di kampung ini tidak pernah surut, khususnya ketika Lebaran dan liburan panjang. Di momen Lebaran ini para pengunjung mulai berjubel. Bahkan, kadang pengunjung harus antre untuk bisa memarkir kendaraannya, khususnya roda empat.

Di Kampung Tempe Sanan, dari sekitar 2.000-an kepala keluarga (KK), 95 persen di antaranya bekerja di bidang yang berkaitan dengan olahan tempe. Mulai dari membuat tempe, menjual tempe ke pasar, hingga mengolah tempe menjadi keripik tempe.

Khalimatus Sa’diyah, pemilik toko oleh-oleh Swari di Kampung Tempe Sanan, Kota Malang, mengakui kalau pengunjung Lebaran tahun ini lebih banyak dibandingkan Lebaran tahun lalu. Ini tak lepas dari kebijakan Pemerintah Pusat yang mengizinkan warga perantauan mudik ke daerah asalnya, meski tetap harus mematuhi protokol kesehatan.

“Dibanding tahun lalu, Lebaran tahun ini lebih ramai dan mengalami peningkatan. Karena sudah tak ada larangan mudik, sehingga roda perekonomian bergerak,”ujar dia.

Hanya saja, untuk urusan omzet, dia enggan menyebut. Hanya saja, dengan sekitar seribu pengunjung, seandainya satu pengunjung menghabiskan Rp 200.000,- maka omzet yang diraup toko oleh-oleh ini tembus hingga Rp 20 juta sehari.

Selain melayani penjualan offline, Swari juga menjual produknya melalui layanan online untuk ke berbagai wilayah di Indonesia. “Ini sudah banyak pesanan ke luar kota dan luar pulau, tapi pengiriman menunggu ekspedisi buka,” ungkap dia.

Sebagaimana toko oleh-oleh di kampung ini, toko Swari menjual aneka macam rasa keripik tempe. Yakni, ada yang rasa original, balado, barbeque, keju, ayam lada hitam, sapi panggang, ayam pedas, jagung manis, dan lain-lain.

Tak hanya aneka macam keripik tempe, kampung ini juga menjual keripik buah. Seperti keripik buah semangka, nangka, apel, salak, buah naga, dan lain-lain.

Sementara Putri, salah satu pengunjung asal Surabaya mengatakan, setiap Lebaran atau ketika dirinya berlibur ke Malang, hampir pasti mampir ke Kampung Tempe Sanan untuk beli keripik tempe khas Malang ini.“Di sini olahan keripik tempenya lengkap. Saya suka yang rasa keju,” tandas dia. KBID-BE

Related posts

Percepat Vaksinasi, Polrestabes Surabaya Luncurkan 24 Unit Mobil Vaksin Merdeka

RedaksiKBID

Polisi dan Warga Saling Bantu Bersihkan Pohon Tumbang di Wilayah Krembung Sidoarjo

RedaksiKBID

Kepala Sekolah Jangan Paksa Siswa Beli Seragam, Wawali Armuji: Ini Tanggung Jawab Pemkot

RedaksiKBID