KampungBerita.id
Surabaya Teranyar

Komisi C DPRD Surabaya Minta Anggaran Transportasi Publik Ditambah

DPRD Surabaya
Wakil Ketua Komisi C DPRD Surabaya, Aning Rahmawati

KAMPUNGBERITA.ID – Wakil Ketua Komisi C DPRD Surabaya, Aning Rahmawati menyatakan, transportasi publik di Surabaya menjadi prioritas pembangunan pada 2024. Artinya, butuh keberpihakan anggaran untuk transportasi publik.

Politikus PKS itu menyebutkan, di Semarang, anggaran untuk transportasi masal mencapai 5 persen dari APBD. Sementara itu, APBD Semarang Rp 5,9 Triliun dengan PAD Rp 2,5 Triliun.

”Jika dibandingkan dengan Surabaya yang memiliki APBD Rp 11,3 Triliun dan juga PAD sebesar Rp 6,1 Triliun, kita bisa melihat anggaran untuk transportasi massal hanya Rp 70 Miliar atau 0,6 persen dari APBD Surabaya,” terang Aning.

Dia berharap pada 2024 bisa mencapai angka sesuai kebutuhan Surabaya untuk sektor transportasi masal. Minimal sama dengan Semarang yang 5 persen APBD.

Seperti diketahui, perlahan, wajah transportasi massal di Surabaya berbenah. Surabaya meluncurkan Suroboyo Bus. Saat itu, pembayarannya masih dilakukan dengan botol plastik. Tahun berikutnya, Surabaya kembali kedatangan Trans Semanggi Surabaya (TSS) yang menggunakan skema buy the service.

Akhir tahun 2022, Surabaya mendapatkan tambahan bus listrik eks-G20 di Bali. Sayangnya, bus listrik hingga kini tak juga mengaspal. KBID-PAR

 

 

Related posts

Gaji ke-13 PNS Surabaya belum Cair

RedaksiKBID

Permudah Masyarakat, Polresta Sidoarjo Gelar Vaksinasi Door To Door

RedaksiKBID

Penyandang Disabilitas Keluhkan Permakanan, Pemkot Segera Evaluasi

RedaksiKBID