KampungBerita.id
Kampung Raya Peristiwa Politik & Pilkada Surabaya Teranyar

Muscab Demokrat Tahap II Serentak di Jatim Diikuti 23 DPC

KAMPUNGBERITA.ID-Musyawarah Cabang (Muscab) DPC Partai Demokrat kabupaten/kota di Provinsi Jatim tahap II digelar serentak di Sangri-La Hotel, 20 Juni 2022. Sedangkan pendaftaran calon ketua DPC mulai 9-13 Juni 2022.

“Pendaftaran calon ketua DPC bisa melalui masing-masing DPC atau DPD Partai Demokrat Jatim,” kata Wakil Ketua Bidang Organisasi Kaderisasi Keanggotaan (OKK) DPD Partai Demokrat Jatim, Mugianto, Jumat (10/6/2022).

Setelah tiga hari masa pendaftaran, kata Mugianto, berkas kandidat yang sudah masuk akan dilakukan verifikasi faktual selama 2 hari mulai 18-19 Juni 2022.

“Mudah-mudahan 23 DPC itu para calonnya memenuhi persyaratan semua sehingga tidak perlu lagi dibuka gelombang III,”ungkap dia.

Sebagaimana ketentuan AD/ART Partai Demokrat, syarat minimal calon ketua adalah mendapat dukungan 20 persen dari pemilik suara sah di muscab.
“Calon ketua yang memenuhi persyaratan akan ditetapkan oleh pleno. Kemudian mengikuti tahapan fit and proper test sebelum ditetapkan menjadi ketua DPC terpilih,” beber Mugiarto.

Dia tidak menampik dalam muscab serentak ini muncul calon tunggal walaupun jumlahnya tidak lebih dari 35 persen. Sedangkan sisanya, rata-rata lebih dari satu calonnya.

“Walaupun calon tunggal, tidak ada jaminan otomatis lolos sebab penentuan dilakukan melalui fit and proper test” tambah Mugianto.

Muscab gelombang I yang diikuti 15 DPC, lanjut Mugianto akan memasuki tahapan fit and proper test yang dilaksanakan pada 11 Juni 2022.

“Mudah-mudahan sebelum Agustus 2022 seluruh muscab di Jatim sudah tuntas sehingga bisa segera persiapan verifikasi parpol,” pungkas Mugianto.

Berikut 23 DPC yang akan menjadi peserta muscab gelombang II, yakni Surabaya, Sidoarjo, Probolinggo, Kota Probolinggo, Pasuruan, Kota Malang, Kota Batu, Kota Blitar. Trenggalek, Ponorogo, Pacitan, Ngawi, Magetan, Mojokerto, Kota Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Madiun, Kota Madiun, Gresik, Lamongan, Bangkalan, dan Sampang.

Demokrat Surabaya

Dibanding daerah lain, persaingan untuk merebut kursi Ketua DPC Demokrat Kota Surabaya lebih panas.
Namun syarat-syarat pendaftaran kedua kandidat Lucy Kurniasari dan Herlina Harsono Njoto sudah memenuhi syarat minimal dapat dukungan lebih dari 20 persen dari jumlah pemilik suara. Lucy Kurniasari didukung 29 DPAC dan Herlina Harsono Njoto didukung 15 DPAC.

“Proses selanjutnya akan dilakukan verifikasi faktual 18-19 Juni. Itu akan dipastikan dukungan sesuai SK apa tidak. Jika lolos, sepuluh hari kemudian akan dilakukan fit and proper test, ” jelas dia.

Para kandidat, lanjut dia, nanti akan dinilai sejauh mana visi dan misi calon itu sendiri. “Tim lima dari DPP dan DPD yang akan menentukan sesuai visi misi calon, program dan komitmennya akan diuji disitu. Kemudian akan ditentukan siapa yang layak jadi nahkoda di masing-masing kabupaten/kota,”pungkas dia. KBID-BE

Related posts

Ingin Persebaya Juara, Wawali Siap Mediasi Bonek dan Manajemen

RedaksiKBID

Parade Juang, Dishub Surabaya Tutup Jalan Pahlawan dan Kramat Gantung

RedaksiKBID

Karang Taruna Kabupaten Sidoarjo Beharap Sidang PHPU Berjalan Damai

RedaksiKBID