KampungBerita.id
Kampung Raya Teranyar

Penembak Santri Divonis Seumur Hidup , Alumni Imaba Turun ke Jalan

Simpatiasn dan santri Imaba saat turun ke jalan mengawal kasus penembakan

KAMPUNGBERITA.ID – Idris (32 tahun) terdakwa kasus pembunuhan berencana menggunakan senjata api yang menewaskan Subaidi warga Kecamatan Sokobanah, Sampang, akhirnya divonis seumur hidup oleh Majelis hakim Pengadilan Negeri Sampang.

Dalam sidang terakhir dengan agenda pembacaan vonis, hakim menyebut terdakwa terbukti melanggar Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana dan Pasal 1 Ayat (1) Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 dengan ancaman hukuman mati atau penjara seumur hidup.

Saat diminta pendapatnya oleh Ketua Majelis Hakim apakah menerima atau akan melakukan upaya banding, terdakwa Idris bin Misnadin mengaku masih pikir-pikir setelah hakim mengetuk palu putusan.

“Menyatakan terdakwa secara sah dan meyakinkan terbukti melakukan tindak pidana pembunuhan berencana dan tanpa hak memiliki senjata api dan amunisi, menjatuhkan hukuman seumur hidup,” kata Ketua Majelis Hakim Budi Setyawan didampingi hakim I Gde Perwata dan Afrizal.

Vonis yang diputuskan hakim tersebut setara dengan tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Negeri Sampang.

Penasehat hukum terdakwa, Arman Syahputra mengatakan atas putusan hakim tersebut Idris masih pikir-pikir.
“Kita punya waktu selama 7 hari, terdakwa masih pikir-pikir dengan pihak keluarganya, hal yang menjadi keberatan adalah eksepsi terdakwa tidak dipertimbangkan oleh hakim,”singkat Arman.

Sementara itu di luar sidang, massa simpatisan, santri dan Alumni Imaba (ikatan santri bata-bata) dan warga Sokobanah, kembali turun jalan untuk mengawal sidang vonis terdakwa Idris.

Koordinator massa Salim Asgaf saat menyampaikan orasinya mengatakan, kedatangan massa ini murni melakukan pengawalan sidang putusan terdakwa Idris.

“Kami meminta hakim untuk tidak bermain-main dalam memberikan putusan kepada terdakwa Idris. Terdakwa Idris harus tetap dihukum mati,” katanya.KBID-SMP

Related posts

Peduli Olahraga, Wakil Walikota Surabaya Raih ‘Golden Award SIWO PWI Pusat 2019’

RedaksiKBID

Ketua DPRD Bojonegoro Resmikan SAP Unigoro

RedaksiKBID

Raih 20 Ribu Suara, Mimik Idayana Tetap Rendah Hati

RedaksiKBID