KampungBerita.id
Kampung Bisnis Kampung Raya Surabaya Teranyar

Penuhi Permintaan Perusahaan, Disnaker Surabaya Buka Pelatihan 6 Jenis Pekerjaan

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Surabaya, Achmad Zaini.@KBID-2022.

KAMPUNGBERITA.ID-Guna mencetak pekerja profesional dan memiliki sertifikat, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kota Surabaya menggelar sejumlah pelatihan.Ini untuk memenuhi banyaknya permintaan dari beberapa perusahaan yang berdomisili di Surabaya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Surabaya, Achmad Zaini memastikan bahwa pelatihan ini dibuka karena ada permintaan dari beberapa perusahaan. Makanya, pelatihan kali ini disesuaikan dengan jenis pekerjaan yang diminta oleh para perusahaan.

“Jadi, beberapa perusahaan membutuhkan pekerja yang terkait dengan enam bidang ini, makanya kita siapkan pelatihan enam jenis pekerjaan ini,” kata Zaini, Rabu (10/8/2022).

Enam jenis pekerjaan yang akan dilatih itu adalah pelatihan alat angkat angkut (forklift), pastry cook, desain grafis, fotografi, perhotelan, dan perawatan rambut dan barber. Pelatihan ini berlangsung sekitar 10-16 hari, tergantung dari jenis pekerjaannya.

Setelah dilatih mereka akan mendapatkan sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Selanjutnya, mereka akan disalurkan kepada perusahaan-perusahaan yang sudah meminta pekerja. “Memang tidak ada jaminan pasti diterima oleh perusahaan itu, namun presentasenya lebih besar karena kami yang menyalurkan dan sudah kami latih. Jadi, pada prinsipnya sebagian besar pasti masuk,” ungkap dia

Zaini menjelaskan, persyaratan dari pelatihan itu, yaitu KTP Surabaya, ijazah terakhir+transkip (minimal SMA, kecuali pelatihan pastry cook dan perawatan rambut minimal SMP) dan juga pas foto terbaru 3×4 berwarna. Pendaftaran melalui web disnaker.surabaya.go.id atau scan barcode yang sudah disiapkan.

“Informasi lebih lanjut tentang pelatihan ini bisa menghubungi Bu Irma di nomor 081232244635,”jelas dia.

Adapun benefit dari pelatihan itu adalah sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh BNSP berskala nasional, sertifikat pelatihan, konsumsi+snack setiap hari, uang transport, dan yang pasti pelatihan ini gratis atau tidak dipungut biasa sepeserpun.

Karena itu, dia berharap kepada warga Surabaya, terutama anak muda yang masih belum memiliki pekerjaan untuk segera mendaftar. Sebab, jika sudah mempunyai sertifikat akan lebih gampang masuk ke perusahaan.

“Ayo segera daftar sekarang juga, karena pesertanya terbatas. Jangan sampai terlewatkan,” pungkas dia. KBID-HMS/BE

Related posts

Hanyut Terbawa Arus Bengawan Solo, Warga Kalitidu belum Ditemukan

RedaksiKBID

Tanpa PPP di Pilpres 2024, KIB dan KKIR Disebut Akan Melebur Jadi Koalisi Besar

RedaksiKBID

DPRD Surabaya Minta KPU Pastikan Warga Surabaya Miliki Hak Suara pada Pileg 2024

RedaksiKBID