KampungBerita.id
Kampung Raya Peristiwa Surabaya Teranyar

Ratusan Jukir di Sidoarjo Berunjuk Rasa, Ini Tuntutannya

Ratusan jukir berunjuk rasa di Pendopo Pemkab Sidoarjo.@ KBID-2022

KAMPUNGBERITA.ID-Ratusan juru parkir menggelar unjuk rasa di depan gedung DPRD Sidoarjo dan Pendopo Pemkab Sidoarjo, Rabu (16/11).

Ada beberapa tuntutan yang disampaikan, di antaranya mempertahankan jumlah titik parkir dan menolak adendum pengelolaan parkir oleh pihak ketiga.

“Kami meminta Pemkab Sidoarjo tetap mempertahankan 359 titik parkir yang saat ini dikurangi oleh pihak ketiga menjadi 87 titik. Kami juga menolak terkait rencana adendum oleh pihak ketiga selaku pemenang lelang pengelolaan parkir di Sidoarjo,” tegas koordinator jukir di Sidoarjo, Azis.

Menurut dia, pemenang lelang, PT ISS sebagai pihak ketiga berencana akan melakukan adendum nilai lelang pengelolaan parkir yang dimenangkan dengan nilai Rp 32 miliar lebih.

Adendum itu didasari atas keberatannya pihak ketiga lantaran titik parkir yang dianggap tak sesuai nilai tersebut. Adendum itu tentu berdampak terhadap nasib sejumlah jukir yang selama ini menggantungkan hidupnya dari titik parkir yang semula 359 kini menjadi 87 titik.

“Kalau adendum dan pengurangan titik parkir itu tetap dilakukan kami akan turun lagi dan meminta pemkab Sidoarjo untuk memutus kerja sama dengan pihak ketiga,” kata Aziz.

Dia juga berharap Pemkab Sidoarjo memikirkan ulang pengelolaan parkir yang dikelola pihak ketiga, dan mengembalikan lagi pengelolaan parkir ke Dinas Perhubungan (Dishub) atau alternatif lain yang tetap dinaungi oleh dinas di Sidoarjo.

“Intinya para jukir meminta ada kesepakatan yang tak merugikan kedua belah pihak antara PT ISS dan jukir yang sudah lama di Sidoarjo,”ungkap dia.

Unjuk rasa tersebut direspons oleh anggota DPRD Sidoarjo dari Fraksi Demokrat, Agil Effendi. Dia menegaskan, DPRD melalui Komisi B secara tegas menolak rencana adendum pihak ketiga atau PT. ISS

“Secara tegas kami DPRD dari Komisi B menolak rencana adendum pihak ketiga selaku pengelola parkir. Kami juga meminta PT ISS segera melakukan sosialisasi terkait tiket parkir yang harganya masih belum diketahui masyarakat,” jelas Agil.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Sidoarjo, Benny Airlangga mangaku siap mengakomodir permintaan para jukir terkait mempertahankan 359 titik parkir. Pihaknya juga menyampaikan penolakan atas rencana adendum pihak ketiga.

“Kami terbuka dan selalu menampung permintaan para jukir. Terkait jumlah titik parkir dan para jukir silakan didata dan diajukan ke Dishub akan kami terima,” tandas dia.KBID-KBRN/BE

Related posts

Perkuat Pengawasan Kandungan Produk Berbahaya, Tjutjuk Awasi UMKM Jamu Tradisional

RedaksiKBID

Kapolresta Sidoarjo Pimpin Sertijab Kabagren, Kasat Sabhara serta Empat Kapolsek

RedaksiKBID

Haul Ki Andong Sari ke 240, Bupati Tkankan untuk Hidup Bermanfaat kepada Masyarakat.

RedaksiKBID