KampungBerita.id
Surabaya Teranyar

Sejumlah Ruas Jalan Bakal Ganti Nama, DPRD Surabaya Minta Pemkot Gencar Lakukan Sosialisasi

Husnul Khotimah.@KBID2020

KAMPUNGBERITA.ID – Panitia Khusus (Pansus) Pemberian dan Perubahan Nama Jalan DPRD Surabaya melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah jalan yang akan diganti namanya. Sidak dilakukan di daerah pertigaan Karangpilang sampai ke PTC dan Jl Bung Tomo.

Ketua Pansus Pemberian dan Perubahan Nama Jalan DPRD Kota Surabaya Husnul Khotimah menyarankan agar pemberian nama jalan baru di kawasan Jalan Lingkar Luar Barat (JLLB) disiapkan menyusul proyek JLLB akan tuntas Tahun 2020 ini.

“JLLB tuntas tahun ini, maka nama juga harus disiapkan,” kata Husnul yang juga Ketua Komisi D DPRD Surbaya, Senin (17/2).

Sebelumnya, ujar Khusnul pansus telah melakukan kunjungan lapangan berkaitan dengan perubahan nama jalan yang diusulkan oleh Pemerintah Kota Surabaya.

Saat sidak, pansus mampir di Kecamatan Wiyung bertemu dengan Camat Wiyung, Lurah Babatan, Lurah Jajar Tunggal dan Dinas Cipta Karya.

“Kami diskusi di sana. Di dalam diskusi, ada beberapa hal untuk memperkuat. Pertama, memastikan bagaimana sosialisasinya. Mereka menjawab sosialisasinya sudah dilakukan,” ujarnya.

Sosialisasi yang disampaikan oleh mereka, menurut politikus PDIP ini, sudah dilakukan dengan cara dari rumah ke rumah juga pada rapat-rapat serta musyawarah kelurahan.

Selain itu, lanjut dia, pansus juga bertanya bagaimana tanggapan masyarakat di sana, apakah masyarakat mengetahui akan ada rencana perubahan nama jalan?. Mereka menjawab bahwa pada prinsipnya masyarakat sudah tahu.

“Pansus juga berrtanya apakah masyarakat menolak, mereka menjawab masyarakat tidak menolak dan juga tidak menerima. Jadi prinsipnya masih di posisi bahwa mereka sudah tahu rencana progam itu, tetapi masih belum ke hal-hal yang bersifat teknis,” katanya.

Sekali lagi, kata dia, pihaknya menangkap masyarakat masih belum sepenuhnya memahami apa yang terjadi, kenapa rencana pemerintah kota merubah nama jalan itu dan kemudian bagaimana dengan data kependudukan yang dimiliki.

“Saya menyampaikan kepada mereka untuk terus melakukan sosialisasi,” katanya.

Ditanya program rencana perubahan nama jalan yang bisa berimbas terhadap data admistrasi kependudukan dan bagaimana cara penanganannya, Khusnul mengatakan pihaknya akan menjadwalkan kembali untuk rapat dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Surabaya. KBID-PAR

Related posts

Tekan Kebocoran, Pemkot Surabaya Perluas Layanan Parkir Meter

RedaksiKBID

Sebut GBT Bau Sampah, PNS Dispora Minta Gubernur Tak Ganggu Gelaran Piala Dunia

RedaksiKBID

Komisi A DPRD Surabaya Apresiasi Terobosan Dispendukcapil di Bidang Adminduk

RedaksiKBID