KampungBerita.id
Kampung Raya Teranyar

Sembuhkan Trauma Anak-anak, Blue Helmet Kirim Badut ke Semeru

Trauma Healing
Anak-anak korban letusan Gunung Semeru berpose bersama badut relawan Blue Helmet.@KBID2021

KAMPUNGBERITA.ID – Erupsi Gunung Semeru di Lumajang meninggalkan trauma yang mendalam terhadap para pengungsi, tak terkecuali anak-anak. Relawan Blue Helmet pun berinisiatif mengerahkan badut dan superhero untuk menghibur anak-anak.

Direktur Blue Helmet Jatim, Hasan Bashori mengungkapkan, langkah menghadirkan badut dan superhero itu sebagai bagian dari trauma healing (upata pemulihan trauma. Pihaknya juga membagikan mainan kepada para anak-anak.

“Alhamdulillah, anak-anak di pengungsian sudah tertawa ceria. Itu menjadi kebahagiaan bagi kami para relawan,” tutur pria asli Mojokerto itu, Selasa (14/12/2021).

Ada juga sisi lucu yang mewarnai Posko Blue Helmet. Misbakhul Munir, Sekretaris Partai Gelora Jawa Timur yang terjun langsung di Posko Blue Helmet mengisahkan pengalaman lucu yang ia alami.

Saat itu, ada seorang perempuan yang dengan gestur malu-malu meminta pakaian dalam berupa celana dalam (CD) dan penyangga payudara atau BH. Ternyata tidak hanya satu perempuan ini saja yang membutuhkan, tapi banyak pengungsi perempuan lainnya.

“Gestur dan mimik wajahnya saat bicara itu yang lucu, malu-malu. Mungkin karena itu termasuk hal yang sangat pribadi. Alhamdulillah, kita sudah siapkan di posko, tinggal pilih sesuai ukuran masing-masing” ujar pria yang akrab disapa Gus Misbah itu sambil tersenyum.

Ketua DPW Partai Gelora Jatim, Muhammad Sirot mengakui banyak para pengungsi yang tidak sempat membawa barang-barang berharga saat menyelamatkan diri dari awan panas guguran (APG) Gunung Semeru. Tak sedikit yang hanya membawa pakaian yang melekat di badan.

Karena itu, pihaknya menyediakan pakaian luar hingga pakaian dalam untuk kebutuhan para pengungsi. Termasuk pula, pembalut wanita dan pampers bayi. Bahkan juga pampers ukuran besar untuk manula.

“Semua kami sediakan, mulai pakaian dalam, pampers, pembalut wanita, selimut, kasur lantai, susu bayi hingga alat masak berikut beras, bumbu dan lauk pauk. Insya Allah, kehadiran kami di sini menjadi berkah bagi semua,” pungkas mantan anggota DPRD Jatim ini. KBID-FJN

Related posts

Diabetes, Napi Pencuri Kotak Amal Tewas di Lapas Ngawi

RedaksiKBID

Kabur Saat Ditangkap, 4 Residivis Kasus Curas di Dor

RedaksiKBID

Terima Hasil Pungli Prona, Kades Selotapak Dibui

RedaksiKBID