KampungBerita.id
Surabaya Teranyar

Sidak RS Mayapada, Komisi A Kritisi Andal Lalin

Komisi A DPRD Surabaya
Komisi A DPRD Surabaya saat sidak Andal Lalin.@KBID2021

KAMPUNGBERITA. ID – Komisi A (Bidang Hukum dan Pemerintahan) DPRD Kota Surabaya menemukan keberadaan sempadan jalan, antara bangunan RS Mayapada dengan Jalan Mayjend Sungkono yang hanya berjarak 4 meter. Ini dikhawatirkan jadi pemicu kemacetan di kawasan padat tersebut.

Hal ini terungkap saat rombongan Komisi A yang dipimpin Pertiwi Ayu Krisnha, didampingi Dinas Cipta Karya, Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya, Dinas Perhubungan dan Satpol PP Kota Surabaya, sidak ke RS Mayapada, Kamis (26/8/2021) sore.

“Seharusnya jaraknya minimal 5 meter.Ini agar kendaraan yang keluar dari rumah sakit ada tempat menuju jalan raya,”ujar Ayu.

Menurut Ayu, jika kondisinya seperti ini dikhawatirkan bisa memicu kemacetan lalu-lintas di Jalan Mayjend Sungkono, yang selama ini dikenal sebagai kawasan padat lalu lintas.

Politisi perempuan Partai Golkar ini mengaku permasalahan tersebut sudah disampaikan ke pelaksana proyek pembangunan RS Mayapada.

“Intinya, mereka menyanggupi. Nanti kita akan inspeksi lagi apakah rekomendasi dari Komisi A sudah dijalankan atau belum,”ungkap dia.

Selain soal analisis dampak lalu lintas (amdal lalin) lanjut dia, Komisi A juga mengingatkan keberadaan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) yang dibangun oleh RS Mayapada. Ini penting karena berdampak langsung pada lingkungan masyarakat. “Kita belum bisa meninjau IPAL karena masih dalam proses pembangunan,” tandas Ayu.

Sidak berikutnya nanti, kata Ayu, juga untuk memastikan apakah keberadaan RS Mayapada sesuai dengan aturan atau tidak “Surabaya memang butuh rumah sakit. Namun keberadaannya harus sesuai dengan syarat yang sudah ditentukan,” pungkas dia.

Sementara pihak pelaksana proyek enggan memberikan keterangan. Meski demikian, pembangunan RS Mayapada ini hampir tuntas. Bahkan, diprediksi akhir tahun ini sudah beroperasi. KBID-BE

Related posts

Kerap Langgar Lalin, Polresta Sidoarjo Razia Ojol di Kawasan Bungurasih

RedaksiKBID

Kejati Bakal Periksa Armuji Terkait Kasus Dugaan Korupsi Gedung DPRD

RedaksiKBID

Sempat Mengeluh Asam Lambung, Petugas Linmas Meninggal Saat Jaga di PPK di Malang

RedaksiKBID