KampungBerita.id
Headline Kampung Bisnis Kampung Raya Tapal Kuda Teranyar

2018, Bandara Notohadinegoro Jember Bisa Digunakan Penerbangan Komersil

Masyarakat menyambut kedatangan para wisatawan pada salah satu even wisata di Jember.

KAMPUNGBERITA.ID – Potensi wisata di Jember yang cukup besar membuat pemerintah melirik Bandara Notohadinegoro di wilayah tersebut untuk segera di kembangkan. Sehingga, ke depan bisa dimanfaatkan untuk penerbangan komersil.

Menteri Perhuhungan Budi Karya Sumadi saat berkunjung ke Jember dua hari berselang memberikan sinyal positif mengenai rencana pengembangan tersebut. Menurutnya, pengembangan Bandara Notohadinegoro harus dilakukan untuk mengimbangi potensi pariwisata di wilayah tersebut.

”Secepatnya harus dibangun untuk menunjang pariwisata, ini sesuai dengan yang diintruksikan presiden sehingga harapan masyarakat dapat terpenuhi,” katanya seperti dikutip Antara.

Budi Karya mengatakan, pengembangan Bandara Notohadinegoro akan dimulai tahun 2018, sehingga selama 1-2 bulan ke depan, akan dilakukan perencanaan dan tahun 2017 dengan anggaran yang ada akan dilakukan penyelesaian-penyelesaian teknis. Termasuk syarat untuk mendapat anggaran dari APBN harus ada serah terima aset Bandara Jember kepada pemerintah pusat.

Di waktu yang sama saat mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso mengatakan, perlu pengembangan wilayah di tempat-tempat yang strategis yang dapat memacu pertumbuhan ekonomi.

untuk itu, kata dia, tahun-tahun mendatang Presiden Joko Widodo mengembangkan bandara-bandara di daerah yang ekonominya bisa mengalami pertumbuhan saat infrastruktur bandar udara dikembangkan.

Dia menyebut, beberapa bandara yang sudah dikembangkan diantaranya Bandara Tasikmalaya, Bandara Blimbingsari Banyuwangi, dan tahun depan Bandara Notohadinegoro Jember.

”Daerah-daerah tersebut sudah memiliki potensi ekonomi dan merupakan tempat strategis ekonomi daerah,” katanya.

Sementara Bupati Jember, Faida berharap, selain menjadi bandara komersil untuk kepentingan wisata dan pengembangan ekonomo, Bandara Notohadinegoro juga bisa menjadi embarkasi haji antara. Selama ini, masyarakat Jember yang hendak menunaikan haji harus berangkat melalui Bandara Udara Internasional Juanda di Sidoarjo. KBID-JBR

Related posts

Komisi IV DPRD Kabupaten Mojokerto Kunker ke Magelang Terkait Penerapan Zonasi Pendidikan dan Pelayanan Kesehatan

RedaksiKBID

Dua Rider Indonesia Juara Banyuwangi International BMX Competition 2018

RedaksiKBID

Jabatan Walikota Mojokerto Resmi Diserahkan, Delapan DPRD Absen

RedaksiKBID