KampungBerita.id
Headline Kampung Gaya Teranyar

76 Ribu PBI BPJS Kesehatan di Surabaya Dinonaktifkan

Sebanyak 76 ribu penerima BPJS digentikan di Surabaya baik dari APBN maupun APBD.@KBID2019

KAMPUNGBERITA.ID – BPJS Kesehatan Surabaya mengaku telah menonaktifkan 76 ribu jiwa Penerima Bantuan Iuran (PBI) dari APBN dan APBD. Dari total tersebut merupakan data yang diberikan oleh Dinsos dan juga Dinkes.

Dari total jumlah yang ada, 53 ribu jiwa merupakan penerima bantuan Pemerintah Pusat atau melalui APBN. Sedangkan 23 ribu sisanya menerima bantuan lewat APBD Kota Surabaya.

“Semua data ini merupakan data yang telah diberikan oleh Dinsos dan Dinkes. Kami hanya menjalankan saja,” ujar Kepala Cabang BPJS Kota Surabaya, Herman Dinata Mihardja, di DPRD Surabaya, Senin (7/10/2019).

Meski begitu, Ia mengungkapkan jika BPJS memang tidak melakukan pemberitahuan langsung pada masyarakat penerima PBI.

“Kami meminta masyarakat untuk bisa melakukan pengecekan secara mandiri baik secara ofline maupun secara online,” tegasnya.

Di sisi lain, Pemkot melalui Dinas Kesehatan memastikan jika pelayanan kesehatan yang diberikan tidak ada masalah.

“Dari total 441 ribu jiwa, 100.157 jiwa telah dinonaktifkan. Tapi hal itu tidak akan berdampak apapun terhadap pelayanan kesehatan di Kota Surabaya,” ujar Kadinkes Surabaya, Febria Rachmanita pada hari Senin (7/10/2019).

Ia mengungkapkan, masyarakat yang merasa masih membutuhkan jenis bantuan ini dapat mengajukan kembali. Hal itu dapat dilakukan dengan beberapa cara secara khusus.

“Bisa dilakukan dengan mengajukan kembali dan melampirkan surat keterangan tidak mampu atau SKTM. Tapi, kalau untuk yang mampu, silakan menggunakan BPJS mandir,” tegas Febria.

“Pemkot juga telah menyiapkan aplikasi khusus yang mendata masyarakat berpenghasilan rendah terkait hal itu,” pungkas Febria. KBID-DJI

Related posts

Dewan Bakal Surabaya Intervensi APBD untuk Bantuan SMA/SMK, Risma Pilih Bersikap Hati-hati

RedaksiKBID

Berperan Jaga Moral Warga, Anggota DPRD Surabaya Usul Takmir Masjid-Musala Dapat Insentif

RedaksiKBID

Masih Tercantum di RTRW Nasional dan Provinsi Jatim, Komisi A Dorong Pemkot Surabaya Realisasikan Jalan Tol Tengah Kota

RedaksiKBID