Bakar Sampah, Gudang Kertas di Prambon Ikut Terbakar

Gudang kertas yang terbakar akibat pembakaran sampah di sekitar lokasi.@KBID2019

KAMPUNGBERITA.ID – Gudang terbakar di Desa Prambon RT 06/RW 01 Kecamatan Prambon dikejutkan dengan munculnya asap hitam dari salah satu bangunan, sekitar pukul 12.00 kemarin (20/10). Dalam hitungan detik warga semakin panik. Lidah api terlihat membungung tinggi dari arah jalan Raya Prambon. Rupanya, kebakaran menimpa gudang penyimpanan kertas milik Sutikno.

Mulanya, kebakaran berawal dari aktifitas warga yang sedang membakar sampah. Dekat dengan lokasi gudang tersebut. Namun, saat itu kondisi angin cukup kencang serta cuaca kering, membuat lidah api dengan cepat merembet. “Tiba-tiba api langsung menyala, justru dari dalam gudang,” keluh Sutikno.

Dia menduga, abu sisa pembakaran sampah yang masih menyala itu tertiup angin. Hingga membakar tumpukan kertas di gudang tersebut. “Rugi banyak, apalagi kertas tersebut sudah siap dikirim,” cetusnya.

Enam unit mobil Pemadam Kebakaran (PMK) bergerak cepat datang ke lokasi. Masing-masing tiga unit PMK Sidoarjo dan tiga unit PMK Mojokerto. Objek yang mudah terbakar membuat proses pembasahan memakan waktu. Terlebih, dikawasan tersebut akses sumber air cukup sulit.

“Api sudah bisa dikendalikan dua jam berlalu, tinggal proses pembasahan,” ungkap AKP Sumarsono, Kapolsek Prambon. Dia memastikan bahwa kebakaran tersebut dipicu dari sisa pembakaran sampah dari warga yang merembet. “Pembakaran sampah juga menghanguskan alang-alang disekitar lokasi,” jlentrenya.

Pihaknya pun masih menyelidiki peristiwa tersebut. Sebab, kerugian yang dialami korban mencapai jutaan rupiah. “Mohon waktunya penyelidikan, ini menjadi pelajaran agar tidak mengangap sepele peristiwa kebakaran,” jelas Sumarsono. “Pemicunya bisa karena hal sepele,” pungkasnya. KBID-TUR