KampungBerita.id
Surabaya Teranyar

Besok Pasar Kapasan Dibuka, John Thamrun: PD Pasar harus Tetap Koordinasi

Anggota Komisi B, John Thamrun saat mendatangi Pasar Kapasan beberapa waktu lalu.@KBID2020

KAMPUNGBERITA.ID – Rencana dibukanya kembali pasar Kapasan pada tanggal 18 April mendatang disikapi positif oleh DPRD Kota Surabaya. Bahkan legislator Surabaya mendorong PD Pasar Surya untuk mempercepat rencana pembukaan pasar.

Anggota Komisi B DPRD Kota Surabaya John Tamrun mengatakan, pasca keluarnya hasil tes kepala pasar Kapasan yang sebelumnya diduga positif covid 19, pihaknya mendorong agar pasar Kapasan segera dibuka kembali.

“Nah kalau sudah ada hasil lab maka kalau hasil lab itu memang sehat ya sudah seharusnya dibuka,” jelasnya saat dihubungi, Kamis (16/04/2020).

Ia pun menyambut baik langkah Pemkot Surabaya untuk membuka kembali pasar yang menjadi pusat grosir pakaian di Surabaya. Dirinya juga mengakui langkah yang dilakukan oleh Pemkot Surabaya telah sesuai dengan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Namun ia memberikan catatan, agar penerapan protokol yang dilakukan Pemkot seperti di pasar Kapasan dan pasar-pasar lain kedepan tidak berdasarkan asumsi. Agar para pedagang tidak semakin dirugikan akibat adanya penutupan lapak mereka yang terkesan sepihak.

“Dan apa yang dilakukan oleh PD Pasar ini benar. Sehingga penerapan di pasar-pasar yang lain pun harapannya adalah tetap berpegang pada protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat tidak menggunakan asumsi,” ujar politisi PDIP ini.

Ia pun meminta PD Pasar Surya selaku pengelola Pasar Kapasan untuk bekerjasama dengan lintas instansi ketika nantinya Pasar Kapasan dibuka kembali. Tujuannya agar aturan phisical distancing dapat dilakukan dengan baik.

Sehingga masyarakat yang beraktifitas di dalam Pasar Kapasan dapat tetap beraktifitas sekaligus dapat memutus mata rantai penyebaran virus covid 19 di area pasar.

“Sebab kalau tidak dilakukan maka ada resiko akan ada yang terpapar lagi. Itu yang tidak kita harapkan,” pungkasnya.

Sebelumnya, beredar kabar jika kepala pasar Kapasan Eilsye Tatitatula terindikasi terkena covid 19. Namun ternyata setelah melalui masa pemantauan selama seminggu, pasien tersebut menunjukkan hasil negatif covid 19.

Oleh karenanya, Pemkot Surabaya berencana membuka kembali Pasar Kapasan pada 18 April mendatang.

“Dengan berbagai pertimbangan, kami berencana membuka lagi pasar Kapasan itu, 18 April. Hari ini mulai persiapan untuk pembukaannya,” ujar Kepala Bagian Administrasi Perekonomian dan Usaha Daerah Pemkot Surabaya, Agus Hebi Djuniantoro, Rabu (15/04). KBID-DJI

Related posts

Terbukti Ikut Berkampanye, Kadis Perijinan Divonis Percobaan 6 Bulan

RedaksiKBID

Kader Senior Musyafak Rouf Didorong Pimpin PKB Surabaya, Kaderisasi Parpol Dipertanyakan

RedaksiKBID

Pj Bupati Adriyanto Hadiri Acara Pamit Kenal Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro

DJUPRIANTO