KampungBerita.id
Peristiwa Teranyar

BMKG Kalianget Minta Nelayan Waspadahi Gelombang Laut Dua Hari Kedepan

Gelombang tinggi membuat nelayan Sumenep terpaksa menyandarkan perahu ke tepi pantai

KAMPUNGBERITA.ID – Cuaca laut di beberapa titik perairan Jawa Timur, yang termasuk di dalamnya kawasan perairan Sumenep, beberapa hari kedepan kurang bersahabat. Dalam rilisnya Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kalianget, selama 2 hari mendatang, tinggi gelombang disebut lebih dari 2.5 meter.

Yang meliputi laut Jawa bagian timur, Perairan Kepulauan Masalembu, Perairan Pulau Bawean, Perairan Kepulauan Kangean, Perairan Selatan Jatim, dan Samudera Hindia Selatan.

“Jadi, mohon untuk diwaspadai karena diperkirakan selama 2 hari mendatang gelombang laut masih tinggi,” kata Kepala BMKG Kalianget, Usman Kholid, melalui stafnya, H. Moh. Faqih pada Media Center, Senin (30/07).

Setelah itu, terhitung sejak tanggal 1 Agustus 2018 hingga sehari setelahnya, diperkirakan juga terdapat kenaikan tinggi gelombang mencapai 2.0 meter di Selat Madura.

“Mohon juga diwaspadai, sejak tanggal 1 hingga 2 Agustus 2018, potensi gelombang tinggi juga masih ada,” kata Faqih.

Sedangkan prakiraan cuaca, Selasa, 31 Juli 2018, besok mulai pukul 07.00 WIB hingga 24 jam setelahnya, menurut Faqih secara umum berawan. Hujan ringan berpotensi terjadi di Laut Jawa bagian Timur dan Perairan selatan Jatim. Sedang arah angin dominan dari arah Timur Tenggara.

“Kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur sekitar 26 knots (47 kilometer/jam) dan di Samudera Hindia selatan Jatim sekitar 28 knots (50 kilometer/jam),”tutup Faqih. KBID-SMP

Related posts

Wali Kota Eri Cahyadi Sulap Kolam Renang Jambangan Jadi Tempat Wisata Alam Keluarga

RedaksiKBID

PKS Pastikan Tetap Solid Dukung MA-Mujiaman dalam Pilwali Surabaya

RedaksiKBID

Apresiasi Program Padat Karya, DPRD Surabaya Minta Pemkot Kembangkan Potensi Masyarakat

RedaksiKBID