KampungBerita.id
Politik & Pilkada Teranyar

Dilantik, PPK Pemilu 2019 se-Sidoarjo Diwarning Tak Mainkan Jabatan

Anggota PPK Pemilu 2019 yang dilantik meneken pakta integritas disaksikan Wabup Nur Ahmad Syaifuddin, Ketua KPU M Zaenal Abidin dan Sekretaris KPU Sidoarjo Sulaiman, Rabu (7/3). foto istimewa

KAMPUNGBERITA.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo melantik 54 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu 2019 se-Kabupaten Sidoarjo, di Kantor KPU setempat, Rabu (7/3/2018). Para anggota PPK ini diminta tak mainkan jabatannya.

Warning ini disampaikan Ketua KPU Sidoarjo M Zaenal Abidin usai melantik anggota PPK se-Kabupaten Sidoarjo. Sebab hal itu akan mencoreng nama KPU dan penyelenggara Pemilu. Kata dia, sekarang menjadi penyelenggara pemilu tak perlu pintar. Namun cukup berbekal integritas, kejelian dan ketelitian.

Di depan 54 anggota PPK yang bertugas di 18 Kecamatan di Sidoarjo ini, Zaenal juga meminta anggota PPK siap bekerja keras dan kerja lembur. “Jangan sampai sakit. Kami minta PPK jaga kesehatan. Karena tahapan Pileg dan Pilpres cukup berat serta pengolahan data sangat sulit,” cetus Zaenal.

Menurut dia, beban pekerjaan PPK Pemilu 2019 lebih berat karena mereka berjumlah tiga orang. Sedangkan PPK Pilgub Jatim 2018, berjumlah lima orang. “Saat Pilgub 5 personil tapi saat Pileg dan Pilpres hanya 3 personil. Ini menunjukkan pekerjaan banyak tapi tenaganya sangat terbatas,” bebernya.

Sementara, saat menghadiri pelantikan PPK Pemilu 2019 ini, Wabup Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin menegaskan peran anggota PPK sangat strategis. Sebab mereka menyelenggarakan pemilu. “Saya bisa begini (menjadi wabup) juga berkat kerja PPK, termasuk KPU,” cetus wabup yang juga politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Pria yang akrab dipanggil Cak Nur ini menambahkan, sebagai penyelenggara pemilu, PPK juga harus profesional dan jujur. Sebab hal itu bakal mempengaruhi Panwaslu dan pemilih. Sehingga jika hal tersebut berjalan, maka regulasi pemilu tinggal dijalankan sebaik-baiknya. KBID-AIN

Related posts

Sulit Ambil Keputusan, Pansus Perubahan Nama Jalan Mulai Tertutup

RedaksiKBID

Polisi Selidi Insiden Tabrakan Truk Air Kemasan vs Kereta Api di Perlintasan KA Klagen

RedaksiKBID

IPM Kabupaten Bojonegoro 2022 Masuk Katagori Tinggi

RedaksiKBID