KampungBerita.id
Surabaya Teranyar

DPRD Berharap Musrenbang RKPD 2023 Hasilkan Kemanfaatan Besar bagi Kota Surabaya

Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya, Reni Astuti. KBID-2022

KAMPUNGBERITA.ID-Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya, Reni Astuti berharap Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) 2023 menghasilkan kemanfataan yang besar bagi Kota Surabaya. Dia menyebut perlu kolaborasi untuk memajukan dan menyejahterakan warga Surabaya.

“Semoga berjalan secara lancar dan menghasilkan kemanfaatan yang besar untuk Kota Surabaya pada khususnya dan memberikan kontribusi terhadap kemajuan Pemerintah Provinsi (Pemproc) dan juga Pemerintah Pusat secara umum,” kata Reni saat menghadiri pembukaan Musrenbang RKPD Kota Surabaya 2023, Rabu (23/3/2022).

Kegiatan yang rutin terlaksana setiap tahunnya ini, kata Reni, telah menjadi amanah peraturan perundang-undangan untuk menghasilkan dokumen perencanaan yang selanjutnya akan menjadi pijakan Pemkot bersama DPRD Kota Surabaya untuk menghasilkan APBD 2023.

Ujungnya, kata Reni, semua perencanaan ini bisa menjadi instrumen membangun Surabaya, baik pembangunan fisik maupun non fisik dengan lima misi yang sudah dicanangkan di dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Visi Kota Surabaya sebagai kota yang maju, humanis, dan berkelanjutan.

Meski menjadi kegiatan rutin setiap tahun, politisi perempuan PKS ini berharap semoga selalu ada hal baru terkait perencanaan kota. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang senantiasa memberikan kontribusi karena kemajuan Kota Surabaya tidak bisa terlepas dari seluruh komponen kota yang ada.

“Pemkot dan DPRD tidak cukup, tapi juga perguruan tinggi, dunia usaha, para pengurus di tingkat LPMK, RW/RT, para kader-kader di kampung, serta masyarakat secara umum itu juga memberikan peran yang sangat besar,”ungkap dia.

Reni menekankan agar capaian-capain untuk mewujudkan visi dan menjalankan misi Kota Surabaya dapat dilakukan secara kolaboratif. Dengan kata lain, lanjut Reni, adalah bagaimana peningkatan kesejahteraan rakyat Surabaya bisa benar-benar diwujudkan secara bersama-sama.

Dia mendorong pula mengenai hal-hal yang belum tercapai pada tahun sebelumnya menjadi catatan pemkot untuk menjadi fokus perhatian. Utamanya terkait apa yang menjadi aspirasi dari masyarakat melalui DPRD dan juga melalui kegiatan Musrenbang.

“Saya sangat berharap apa yang sudah disampaikan oleh masyarakat, baik itu melalui kegiatan reses teman-teman dewan maupun kegiatan musrenbang, termasuk juga kanal-kanal aspirasi di era digital ini melalui berbagai akun yang dimiliki pemkot itu semuanya mendapat perhatian,”tandas dia.

Reni juga mendorong kepada Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda) Kota Surabaya, Febrina Kusumawati agar seluruh program yang diformulasikan merupakan sesuatu yang membumi dan dibutuhkan oleh publik untuk menjadi solusi persoalan-persoalan di masyarakat.

Terakhir, dia menegaskan, bahwa DPRD akan terus bersama pemkot dalam hal program-program yang sesuai, tepat guna, dan berpihak kepada masyarakat Kota Surabaya. “Kami akan menjalankan fungsi DPRD serta melaksanakan sesuai tupoksi sebagaimana memberi saran dan masukan jika dibutuhkan untuk kebaikan Surabaya dan kebaikan warga Kota Surabaya. Semoga kita semua bisa bersama-sama membangun Kota Surabaya yang kita cintai ini,”pungkas dia. KBID-BE

Related posts

Cegah Covid-19, PC GP Ansor Tuban Bagikan Desinfektan

KBIDTuban

12 Prajurit Kodim Lamongan Pindah Satuan, Dandim Lakukan Tradisi Pelepasan

Baud Efendi

Calon Taruna-Taruni AKPOL Jalani Tes Uji Kemampuan Fisik

RedaksiKBID