KampungBerita.id
Surabaya Teranyar

Dua Minggu Dibuka, Formulir Caleg Partai Demokrat Diserbu Pendaftar

Dedy Prasetyo

KAMPUNGBERITA.ID – Jumlah Calon anggota legislatif (Caleg) yang ingin maju melalui Partai Demokrat (PD) dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) Kota Surabaya ternyata cukup tinggi. Meski baru dibuka pada 27 Februari ternyata sudah ada 30 lebih Caleg yang mengambil formulir pendaftaran.

Sekretaris DPC Partai Demokrat Dedy Prasetyo menyebutkan, calon anggota legislatif yang mendatar di PD berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari kader, profesional hingga beberapa Organisasi Masyarakat (Ormas) yang ada di Surabaya.

“Paling banyak teman-teman Ormas dari NU,” ujar Dedy Prasetyo, Rabu (14/3/2018). Dedy menegaskan, banyaknya anggota Ormas maupun kalangan profesional yang ingin maju lewat partainya mengindikasikan jika Partai Demokrat merupakan partai yang mengedepankan pluralisme. Selain sebutan sebagai partai rakyat.

“Adanya caleg yang berasal dari berbagai latar belakang juga menunjukan jika kita (PD) adalah partai yang terbuka bagi siapapun,” tegasnya.

Menurut Dedy, dalam proses pendaftaran calon anggota legislatif partainya memberlakukan aturan yang sama baik untuk pengurus maupun non kader. Misalnya, soal diharuskannya menyertakan bukti dukungan 300 KTP yang dilampiri dengan surat pernyataan.

“Kita memberlakukan aturan yang sama. Tidak ada perlakukan yang berbeda,” tandas pria yang pernah menjadi Anggota Komisi C DPRD Surabaya ini.

Terkait kewajiban menyertakan bukti dukungan KTP dan surat pernyataan, bisa dikatakan bahwa itu merupakan modal awal. Selain sebagai bukti jika yang bersangkutan sudah familiar di hadapan masyarakat.

“Jika Caleg tidak bisa menunjukan itu bagaimana dia bisa merebut hati masyarakat, khususnya warga Surabaya,” sergahnya.

Sedangkan bagi masyarakat yang belum memiliki e-KTP, ada cara lain yang bisa digunakan sebagai bukti dukungan bagi para Caleg. Yaitu dengan menyerahkan Surat keterangan (Suket).

Sementara soal kuota 30 persen bagi perempuan, ia memastikan akan memenuhi ketentuan undang-undang tersebut. Menurutnya, saat ini sudah banyak calon anggota legislatif perempuan yang mendaftar.

Sebut saja Ketua DPC PD Surabaya, Ratih Retnowati, Ketua Bapilu DPC PD Herlina Harsono Njoto, Anggota Komisi A DPRD Kota Surabaya, Elok Cahyani dan Anggota Komisi B Dini Rijanti.

“Bahkan dalam waktu dekat ada tokoh perempuan yang akan mendaftar. Beliau sudah menkonfirmasi soal rencana pendaftaranya itu,” ungkapnya. Untuk diketahui, DPC Partai Demokrat Kota Surabaya telah membuka pendaftaran Caleg mulai 27 Februari hingga 20 Maret. Dalam Pileg 2019 mendatang, PD menargetkan memperoleh 12 kursi.

Ketua DPC Partai Demokrat Surabaya, Ratih Retnowati menyatakan, untuk merealisasikan target yang telah dicanangkan, pengurus DPC PD telah memiliki sejumlah program. Salah satunya meningkatkan kualitas pengurus dengan berbagai pelatihan.

“Kita juga sudah membentuk pengurus ranting di tiap kelurahan,” kata Ratih waktu itu. Sementara untuk penjaringan calon anggota legislatif, Wakil Ketua DPRD Surabaya ini menegaskan memiliki aturan yang cukup ketat. Diantaranya, setiap Caleg yang ingin maju melalui PD harus menunjukkan bukti dukungan dengan membawah 300 KTP.

“Cara tersebut merupakan bagian untuk melihat kapabilitas calon anggota legislatif yang akan kita usung,” jelasnya. KBID-NAK

Related posts

Peringati Hari Guru Nasional, Wali Kota Surabaya Resmikan Museum Pendidikan

RedaksiKBID

Gardu Listrik Terbakar, 1 Kios dan 3 Sepeda Motor jadi Arang

RedaksiKBID

Golkar Sebut Sikap Risma Berlebihan, Machfudz : Sujud Pada Selain Tuhan Itu Sirik

RedaksiKBID