GP Ansor Dukung Kader Potensial Maju Pilkada Jatim 2020

Ketua Umum Gerakan Pemuda (GP) Ansor Yaqut Cholil Qoumas.@KBID2019

KAMPUNGBERITA.ID – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di 19 kabupaten/kota di Jawa Timur, Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor mendorong kader-kader yang berkualitas untuk ikut maju dalam Pilkada Jawa Timur 2020.

Ketua Umum Gerakan Pemuda (GP) Ansor Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemetaan mengenai peluang kader Ansor untuk maju dalam Pilkada. Pemetaan juga dilakukan Pimpinan Wilayah.

Menurutnya, kader GP Ansor yang berkualitas dan mampu harus didorong maju Pilkada. ”Harus didorong. Harus satu suara,” kata Yaqut usai menghadiri Konferensi Wilayah Gerakan Pemuda Ansor XIV Provinsi Jawa Timur, di Kota Malang, Minggu (28/7).

Gus Yaqut sapan akrabnya menambahkan, pihaknya telah mendapatkan informasi ada beberapa kader GP Ansor yang akan maju pada perhelatan Pilkada 2020. Menurutnya, kader-kader GP Ansor memang diperbolehkan untuk berpolitik, namun tidak diperkenankan membawa organisasi GP Ansor dalam praktik politik. Diharapkan, akan muncul kader-kader potensial pada Pilkada 2020 mendatang.

“Kader yang berpolitik itu boleh, itu sah, bahkan kita dorong. Akan tetapi, tidak atas nama organisasi,” ujar Yaqut.

Pada 2020, sebanyak 19 kabupaten kota di Provinsi Jawa Timur akan menggelar Pilkada serentak. Sebanyak 19 kabupaten kota tersebut adalah, Sumenep, Trenggalek, Surabaya, Banyuwangi, dan Kabupaten Blitar.

Kemudian, Kota Blitar, Kabupaten Malang, Ngawi, Kabupaten Mojokerto, Kota Pasuruan, Tuban, Lamongan, Ponorogo, Pacitan, Sidoarjo, Jember, Situbondo, Gresik, dan Kabupaten Kediri. KBID-MLG