Hari Ini, Enam Parpol Nonparlemen di Surabaya Deklarasikan KMS

Para pengurus parpol nonparlemen saat membahas deklarasi KMS.@KBID2020

KAMPUNGBERITA.ID – Menjelang Pilkada Surabaya 2020, enam parpol nonparlemen atau tidak memiliki kursi di DPRD Surabaya yang tergabung dalam Koalisi Membangun Surabaya (KMS) akan melakukan deklarasi, Rabu (19/8/2020).

Keenam parpol itu adalah Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Perindo, Partai Garuda, Partai Berkarya, PKPI, dan Partai Hanura.

Kekuatan koalisi partai nonparlemen ini tak bisa dianggap enteng. Total mereka punya 7,1 persen suara atau sekitar 109.468 ribu hasil Pileg 2019.

Koordinator KMS, Samsurin mengatakan, pada deklarasi KMS, panitia akan mengundang semua pimpinan parpol se-Surabaya, KPU Surabaya, Bawaslu, dan Polrestabes Surabaya dan Kodim.

“Yang penting KMS ini kita deklarasikan dulu. Kami sudah rapat beberapa kali untuk mematangkan persiapan deklarasi ini, ” ujar Samsurin, Selasa (18/8/2020) malam.

Ditanya soal KMS ini akan mengarahkan dukungan politik kemana, PDI-P atau Machfud Arifin (MA) yang diusung koalisi delapan parpol, PKB, Gerindra, Golkar, PKS, Demokrat, PAN,NasDem, dan PPP? Samsurin yang juga ketua DPC PBB Surabaya ini belum bisa memberikan bocoran. “Tunggu saja nanti saat deklarasi, ” tandas dia. KBID-BE