KampungBerita.id
Kampung Raya Politik & Pilkada Surabaya Teranyar

Hasil Survei SSC Jadi Motivasi Demokrat Jatim Tingkatkan Perolehan Kursi dan Suara pada Pemilu 2024

Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPD Partai Demokrat Jatim, Deddy Prasetyo.@KBID-2022

KAMPUNGBERITA.ID-Surabaya Survey Center (SSC), Senin (29/8/2022) merilis hasil riset terbaru. Di antaranya yang menarik dari survei periode 1-10 Agustus 2022 di 38 kabupaten/kota tersebut adalah tingkat popularitas dari pimpinan partai politik dan elektabilitas partai politik di Jatim.

Menurut hasil riset, tingkat popularitas pimpinan parpol, Ketua DPD Partai Demokrat Jatim, Emil Elestianto Dardak sebagai sosok ketua parpol paling populer di Jatim dengan capaian 78,8 persen. Mengungguli ketua parpol lainnya, Kusnadi (PDI-P) 28,2 persen, Anwar Sadat 27,8 persen ( Partai Gerindra).

Tidak itu saja, posisi Emil Dardak sebagai wakil Gubernur Jatim juga cukup bagus untuk modal bertarung di Pilgub Jatim 2024 mendatang. Untuk calon gubernur (cagub) elektabilitas Emil Dardak mencapai 9,8 persen. Masih di bawah Khofifah 30 persen dan Tri Rismaharini 12,8 persen.

Namun untuk posisi calon wakil gubernur (cawagub), Emil Dardak saat ini menduduki posisi teratas hasil survei elektabilitas cawagub di Jatim dengan 30,8 persen, disusul Eri Cahyadi 6,3 persen, Puti Guntur 5,2 persen, Saifullah Yusuf 4,8 persen , Anwar Sadad 4,5 persen, dan Kusnadi 4 persen.

Selain itu, hasil riset untuk elektabilitas partai politik (parpol) di Jatim, Partai Demokrat masuk lima besar. Partai Demokrat masih di bawah PDI-P dengan 27,2 persen, PKB 19 persen, Partai Gerindra 11 persen,  Partai Golkar dan Partai Demokrat  keduanya sama-sama memperoleh 6,8 persen.

Menanggapi hasil survei SSC ini, Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD Partai Demokrat Jatim, Deddy Prasetyo menyatakan, dirinya sebagai kader dan pengurus DPD Partai Demokrat Jatim sangat mengapresiasi hasil survei tersebut. Apalagi, Ketua DPD Partai Demokrat Jatim, Emil Elestianto Dardak, adalah tokoh muda yang cukup populer di Jatim.

Menurut dia, ini membuktikan jika kedudukan Emil Dardak ini mempunyai daya magnet tersendiri di Jatim. “Mas Emil adalah pimpinan Partai Demokrat yang usianya masih muda. Meski begitu, beliau memiliki kemampuan didalam memanage partai ini menjadi coattail effect dari popularitas ketua partai sendiri,” ujar dia.

Apalagi lanjut Deddy, elektabilitas sebagai cawagub pada Pilgub Jatim 2024, posisi Emil masih sangat tinggi.
“Ini menambah energi kami di kepengurusan Demokrat Jatim. Kami optimistis bisa menaikkan perolehan kursi maupun suara Partai Demokrat di bawah kepemimpinan Mas Emil,”tandas dia.

Soal upaya pengurus DPD Partai Demokrat Jatim untuk meningkatkan elektabilitas parpol hingga bisa bersaing dengan parpol lain, mantan anggota DPRD Kota Surabaya ini mengatakan, pihaknya akan terus melakukan kerja-kerja politik untuk lebih mendekatkan diri ke masyarakat, seperti bakti sosial. Bahkan, pada HUT Partai Demokrat pada September nanti, pihaknya akan melakukan aksi sosial ke masyarakat.

Selain itu, lanjut Deddy, para caleg juga diminta untuk turun ke lapangan dan mendekatkan diri  ke masyarakat pemilik suara.

“Saya melihat banyak energi muda atau tokoh-tokoh muda yang bergabung ke Partai Demokrat. Ini membuat kami lebih semangat untuk mewujudkan target yang diinginkan Partai Demokrat. Kami akan menyusun strategi untuk memenangkan bacaleg Demokrat,”pungkas dia.KBID-BE

Related posts

DPRD Surabaya Berharap Pemkot Seriusi Status Tanah Warga Bulak Banteng

RedaksiKBID

Antisipasi Musim Hujan, PPLS Percepat Peninggian Tanggul Lumpur Lapindo yang Ambles

RedaksiKBID

FBPD Sidoarjo Kunjungi Agrobisnis Perkebunan Pisang di Desa Grinting

RedaksiKBID