KampungBerita.id
Kampung Raya Politik & Pilkada Surabaya Teranyar

PDI-P Surabaya Buka Penjaringan Bacaleg, Baktiono: Caleg Perempuan Diberi Kuota 30 Persen

Sekretaris DPC PDIP Surabaya, Baktiono.@KBID-2020

KAMPUNGBERITA.ID-Menjelang pesta demokrasi, Pemilu 2024, DPC PDIP Kota Surabaya mulai membuka penjaringan bakal calon anggota legislatif (caleg) pada Agustus 2022.

Sekretaris DPC PDI-P Kota Surabaya, Baktiono mengatakan, ada tiga kategori bakal caleg dari PDI-P yang akan berjuang mendapatkan kursi di DPRD Kota Surabaya, yakni para politisi petahana, kader atau pengurus PDI-P dan simpatisan.

“Para simpatisan ini merupakan para tokoh berpengaruh tapi belum berpartai,” kata Baktiono, Kamis (28/4/2022).

Lebih lanjut, Baktiono menambahkan, untuk caleg perempuan akan diberikan kuota 30 persen.”PDI-P juga memberikan kesempatan kepada para anak muda, sebagai upaya regenerasi,”ujar politisi senior ini.

Menurut Baktiono yang juga Ketua Komisi C DPRD Kota Surabaya, proses caleg PDI-P melalui beberapa tahapan penjaringan yakni mulai dari rekomendasi di tingkat cabang sampai keputusan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI-P.

Menurut dia, dalam penjaringan akan dilakukan penilaian terhadap para bakal caleg, di antaranya berapa lama menjadi pengurus partai, pengorbanan untuk partai secara individu maupun keluarga, cerita sukses membesarkan partai.

Selain itu, pendidikan juga menjadi pertimbangan yakni meliputi pendidikan minimal SMA, ditambah pula pendidikan kepartaian yang sudah dijalani.

“Yang pernah terlibat kongres PDI Suryadi dan kongres di Palu otomatis dicoret,” kata Baktiono.

Sedangkan untuk pengumuman bakal caleg dari PDI-P, kata dia, akan dilakukan jauh hari sebelum pemilu. “Ini untuk memberikan kesempatan masyarakat menilai dan memberikan masukan,”pungkas dia.KBID-BE

Related posts

Warga Lontar Curhat ke Wali Kota Soal Kondisi Air PDAM Masih Keruh

RedaksiKBID

DPRD Surabaya Minta Pemkot Revisi Perda Cagar Budaya

RedaksiKBID

Istri Almarhum Cak Nur Terpapar Covid-19 dan Dilakukan Isolasi Mandiri

RedaksiKBID