Jadwal Imsakiyah dan Keutamaan Puasa di 10 Hari Pertama Bulan Ramadan

Jadwal Imsakiyah Ramadan 1441 H/2020.@KBID2020

KAMPUNGBERITA.ID – Ramadan telah tiba. Jutaan umat Islam di seluruh dunia menyambut bulan suci tersebut dengan penuh suka cita.  Diketahui, ada tiga fase puasa di bulan Ramadan yang wajib dijalankan umat Islam hingga sampai kepada hari kemenangan yakni Hari Raya Idul Fitri.

Ketiga fase tersebut masing-masing 10 hari pertama, 10 hari kedua, dan 10 hari ketiga. 10 hari pertama menjadi sangat bermakna lantaran di rentang waktu tersebut, orang yang berpuasa bakal mendapat curahan ramhat dan pahala yang melimpah.

Fase pertama merupakan fase terberat dan tersulit karena merupakan fase peralihan dari kebiasaan pola makan normal menjadi harus menahan lapar dan haus mulai dari subuh hingga magrib. Di 10 hari pertama ini pula masyarakat harus beradaptasi dengan persoalan yang dihadapi sementara perut dalam keadaan kosong.

Syeikh Muhammad bin Ali bin Husein bin Musa bin Babawayh Al-Qumi dalam kitab ‘Fadhâil Al-Asyhur Ats-Tsalâtsah’ yang ditulisnya menguraikan sejumlah keutamaan yang didapat ketika berpuasa Ramadan di hari kelima yang masih dalam rentang waktu 10 hari pertama.

Dalam kitab tersebt dijabarkan, Allah SWT memberi kalian di surga Al-Ma’wa beribu-ribu kota, setiap kota terdapat seribu rumah, di setiap rumah terdapat seribu meja makan, selanjutnya Allah menyiapkan rumah di surga dengan meja makan yang penuh dengan hidangan yang lezat yang nantinya bisa dinikmati orang orang yang sholeh.

Orang orang shaleh tentunya akan mendapatkan kebaikan di surga nanti, begitu pula orang orang yang menjalankan puasa dengan niat semata karena Allah dan hatinya hanya tertuju pada Allah. Orang tersebut akan mendapat petunjuk sehingga sepanjang kehidupannya jauh dari maksiat dan memiliki keinginan untuk iberibadah lebih tulus lagi kepada Allah.KBID-NAK