KampungBerita.id
Surabaya

Jajaki Kerjasama dengan Hungaria, DPRD Surabaya Launching Buku ‘Go Hungary Go Indonesia’

Ketua DPRD Surabaya, Armuji bersama Wakil Ketua Ratih Retnowati, Darmawan, Director Bussines and Innovation Center Budhapest Bussines School Tamas Novack, Penasehat Pendidikan The Central Bank Hungary Szilard Boros, Rektor Universitas Narotama Iswachyu Dhaniarti, melaunching buku Go Hongary Go Indonesia.

KAMPUNGBERITA.ID – Rencana kerjasama Pemerintah Hungaria dengan Surabaya semakin dimatangkan. Untuk mengerucutkan upaya tersebut DPRD Surabaya melaksanakan seminar dan launching buku Go Hungary Go Indonesia gedung DPRD Surabaya, Senin (19/3).

Hadir dalam kegiatan tersebut Director Bussines and Innovation Center Budhapest Bussines School Tamas Novack, Penasehat Pendidikan The Central Bank Hungary Szilard Boros, Rektor Universitas Narotama Iswachyu Dhaniarti, Ketua DPRD Surabaya Armuji beserta sejumlah anggota DPRD Surabaya.

Director Bussines and Innovation Center Budhapest Bussines School Tamas Novack mengatakan, ada sejumlah kecocokan antara Hungaria dan Surabaya. Hal tersebut dapat dikemas dalam sejumlah kerjasama yang saling menguntungkan. “Dalam buku Go Hungary Go Indonesia juga dijelaskan tentang karateristik masing-masing wilayah,” katanya.

Dia mengungkapkan, komunikasi yang sudah dilakukan selama ini juga terdapat singkonisasi. Salah satunya menjajaki terkait kerjasama di bidang maritime yang secara geografis sama. “Kami menganggap Surabaya sebagai salah satu kota yang berpengaruh di Indoensia,” terangnya.

Ketua DPRD Surabaya Armuji mengatakan, kerjasama antara Hungaria dan Surabaya memang dalam tahap dimatangkan. Dalam buku Go Hungary Go Indonesia kesatu dan kedua juga dijelaskan tentang gambaran singkat terkait karateristik Indonesia dan Surabaya secara khusus. Buku tersebut juga mengorek tentang pertumbuhan ekonomi dari sejumlah pemerintahan Soekarno hingga sekarang.

“Karena itu melalui buku buku Go Hungary Go Surabaya kita akan mulai kerjasama itu,” terangnya.

Dia mengungkapkan, nantinya kerjasama dengan Hungaria berupa sister city. Saat ini sejumlah aspek kerjasama semakin dimatangkan melalui komunikasi yang intens. “Kerjsama itu bisa di bidang maritime dan teknologi informasi yang menjadi andalan Negara di Eropa tersebut,” jelasnya.

Politisi PDI Perjuangan ini menegaskan, nantinya dengan kerjasama yang tepat maka akan diperoleh keuntungan dari masing-masing wilayah. Saat ini proses pertukaran pelajar sudah dilakukan sebagai bentuk awal kerjasama. “Hungaria secara geografis sama dengan Surabaya karena itu akan lebih mudah dalam kerjasama jangka panjang,” terangnya.

Mengenai buku Go Hungary Go Indonesia volume 3, rencananya akan diterbitkan pada Mei 2018. Buku tersebut akan mengulas lebih detail tentang Surabaya sebagai rencana kerjasama dengan Pemerintah Hungaria.

Menurut Armuji, buku Go Hungary Go Indonesia dalam dalam beberapa tulisannya juga akan diisi olehnya. Secara detail nantinya Surabaya akan ditunagkan dalam buku edisi ketiga tersebut. “Nantinya di buku ketiga Kota Pahlawan akan lebih banyak diulas lebih panjang,” katanya.

Politisi yang akrab disapa Cak Ji ini mengungkapkan, ada sejumlah faktor yang membuat DPRD Surabaya yakin dengan rencana kerjasama tersebut. Sebelumnya, perwakilan dari DPRD Surabaya juga telah berkunjung ke Hungaria untuk berkomunikasi terkait rencana kerjasama. “Jadi seminar dan launching buku tersebut merupakan tahapan panjang dari komunikasi yang kita lakukan,” ujarnya.

Dia menambahkan, rencananya pihaknya bersama dengan sejumlah anggota DPRD Surabaya juga akan melakukan diklat ke Hungaria. Hal itu sebagai tindak lanjut dari pengerucutan kerjasama ke depan. “Kita tidak ingin apa yang sudah dibangun putus begitu saja,” terangnya.

Bak gayung bersambut, diharapkan, dengan komunikasi tersebut nantinya Pemkot Surabaya juga bisa mengakomodir sejumlah kerjasama dengan Hungaria. Sejumlah keuntungan bisa dipelajari demi pertumbuhan dan meningkatkan perekonomian masyarakat Surabaya secara luas. “Kerjasama itu tentu harus bermanfaat untuk semua,” pungkasnya. (*)

Related posts

Komisi C DPRD Surabaya Minta Akses Masuk Apartemen Gunawangsa Tidar Dibongkar

RedaksiKBID

Cegah Pelajar Ikut Demonstrasi, Gubernur Khofifah Minta Sekolah Libatkan Komite dan OSIS

RedaksiKBID

PWI Jatim-Untag Surabaya Gelar FGD Empati dalam Perspektif Gender, Lutfil Hakim: Pers Sudah Kawal Kesetaraan Gender

RedaksiKBID