KampungBerita.id
Surabaya Teranyar

Komisi D DPRD Surabaya Minta Pemkot Perbaiki Layanan Puskemas

r

Ajeng Wirawati
Wakil Ketua Komisi D, Ajeng Wira Wati.@KBID2022

KAMPUNGBERITA.ID – Sejumlah rencana peningkatan fasilitas layanan kesehatan bakal direalisasikan tahun depan. Seperti puskesmas yang menjadi rujukan pertama saat warga ingin berobat dengan kepesertaan PBI mereka. Rumah sakit baru juga dipastikan bakal dibangun tahun depan.

DPRD Surabaya mendorong agar Pemkot Surabaya tidak hanya fokus pada penjaminan kesehatan warga melalui kepesertaan mereka di BPJS Kesehatan. Fasilitas pelayanan pun harus berimbang. Sebab, sudah menjadi kewajiban pemerintah menyediakan sarana kesehatan yang mumpuni.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Surabaya Ajeng Wira Wati mengatakan, sejumlah permasalahan pelayanan masih dihadapi puskesmas sebagai garda terdepan pelayanan kesehatan ke warga, yakni soal rekam medis. Sebab, pelayanan yang masih manual memakan waktu sehingga waktu tunggu warga pun bakal lama.

”Kami mendorong agar di puskesmas rekam medis juga online. Ini penting agar pelayanan lebih maksimal. Warga tidak perlu menghabiskan waktu hanya untuk berobat,” kata Ajeng.

Masalah lainnya adalah stigma warga yang telanjur mengecap pelayanan melalui BPJS Kesehatan sering dibedakan. Menurut DPRD Surabaya, tugas dan beban pemkot yang berat juga ada di area itu. Meyakinkan bahwa apa yang diupayakan pemerintah sejalan dengan perbaikan kualitas layanannya.

”Stigma tersebut harus diubah. Mungkin dengan kebijakan wali kota tersebut, pelayanan kesehatan di Surabaya bisa lebih baik,” ujar Wakil Ketua DPRD Surabaya Laila Mufidah.

Sementara itu, Pemkot Surabaya menegaskan, peningkatan pelayanan bakal terus dilakukan. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyebutkan, pihaknya sudah mengevaluasi pelayanan yang ada di puskesmas. Bukan hanya dari sarana dan prasarananya. Kualitas sumber daya manusia (SDM) yang ada di sana juga menjadi perhatian.

”Puskesmas yang letaknya kurang strategis nanti akan dipindah. Dicarikan tempat yang baru, yang lama bisa menjadi puskesmas pembantu. Saya juga sudah minta semua ruang tunggu puskesmas bisa ber-AC,” papar Eri.

Pihaknya memastikan bahwa tahun depan pemkot bakal merealisasikan pembangunan rumah sakit baru di Gunung Anyar. Fasilitas kesehatan itu akan mendekatkan warga yang ada di kawasan Surabaya Timur untuk mendapat perawatan lanjutan. Selama ini mereka harus jauh-jauh menuju RSUD dr Soewandhie yang ada di Surabaya Utara.KBID-BE-PAR

 

 

 

Related posts

1 Personel Brimob Gugur di Tangan KKB, Pemerintah Diminta Waspadai Reaksi Dunia Internasional

RedaksiKBID

Gubernur Jatim Berharap Demo Buruh Jatim Jadi Model di Indonesia

RedaksiKBID

Kehilangan dan Kerusakan Kendaraan saat Parkir di Surabaya Dijamin Asuransi

RedaksiKBID