KampungBerita.id
Headline Kampung Raya Politik & Pilkada Surabaya Teranyar

Kopdarsus PSI Surabaya, Ajang Deklarasi Dukung Richard Maju Pilkada 2024

Ketua Pelajar Solidaritas Indonesia (PSI) Surabaya , Dion Marselino membacakan deklarasi mendukung Richard Handiwiyanto maju Pilkada Surabaya 2024 pada acara Kopdarsus PSI Surabaya.@KBiD-2024.

KAMPUNGBERITA.ID-Puluhan anak muda, milenial, dan gen Z Kota Surabaya yang tergabung dalam Pelajar Solidaritas Indonesia (PSI) Surabaya, mendukung Richard Handiwiyanto untuk maju pada Pilkada Surabaya 2024.

Deklarasi dukungan ini dilakukan
melalui Kopi Darat Khusus (Kopdarsus) Pelajar Solidaritas Indonesia  Surabaya 2024 di The Light Box Cafe, Jalan Raya Banyuurip, Sabtu (25/5/2024) petang.

Ketua PSI Surabaya, Dion Marselino mengatakan, dukungan kepada Richard ini mewakili suara dan kepentingan anak muda KITA ota Surabaya dalam menghadapi tantangan zaman digitalisasi yang tidak mereka rasakan dari kepemimpinan wali kota sebelumnya.

“Wali Kota Surabaya selama ini belum memberikan fasilitas yang menjadi kebutuhan anak muda, milenial, dan gen Z. Bahkan, kita jarang dilibatkan,”ujar dia.

Dion menjelaskan, anak-anak muda ini melihat Richard sebagai sosok yang milenial banget, mengingat usianya masih di bawah 30 tahun. Apalagi, ia dinilai bisa mengikuti tantangan perkembangan zaman digital.

“Kita tidak butuh pemimpin yang hanya pandai bersolek di media sosial (medsos), namun tumpul serta tidak paham tantangan zaman yang dihadapi. Kita butuh pemimpin yang inovatif, dan memberi ruang kepada para pemuda mengembangkan bakat, talenta, dan potensinya,” tegas Dion.

Menurut dia, bidang gaming, cyber security, start up, coding, dan artificial intelegensia, adalah bidang-bidang yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan kehidupan di masa depan.

Dion menyadari jika hal-hal tersebut tidak diperoleh di bangku sekolah dan seharusnya Pemkot Surabaya memfasilitasinya. Namun, selama ini dirinya tidak melihat upaya-upaya tersebut.

“Kita butuh kepemimpinan yang aware dengan tantangan zaman, inovatif, dan memberi ruang anak muda mengembangkan potensi dan mengerti kebutuhan anak muda. Sehingga tidak terdengar lagi anak muda tawuran, gangster, dan hal-hal lain yang bersifat negatif,” ungkap dia.

Para anak muda, milenial, dan gen Z butuh ruang dan fasilitas agar menjadi pro player, bukan sekadar main gaming.
“Kita butuh fasilitas untuk bisa menciptakan game-game baru hasil produk anak-anak negeri. Jadi, kita butuh keterampilan cyber security dan coding karena masa depan adalah dunia digital,”tandas dia.

Kemajuan A1 di masa depan, menurut Dion, akan merebut sektor-sektor pekerjaan, main power, tenaga kerja akan semakin berkurang karena akan diganti oleh kecerdasan buatan maupun robotic. Artinya, lapangan pekerjaan akan semakin berkurang dan dampaknya akan semakin sulit mencari lapangan pekerjaan. Hal ini karena akan banyak bidang-bidang digantikan dengan kecerdasan buatan.

Karena itu, anak muda harus menjadi pelaku-pelaku di industri digital yang semakin pesat perkembangannya. “Makanya, kita butuh sosok pemimpin yang bisa menjawab tantangan itu, ” beber dia.

Sementara Kopdarsus PSI Surabaya 2024, lanjut dia, digelar untuk merapatkan barisan, menyatukan pandangan demi masa depan Kota Surabaya yang lebih baik.

Lebih jauh, Dion yang juga atlet Wushu ini menyatakan, Surabaya sebagai kota metropolis masih kalah dengan Solo di bidang pengembangan teknologi digital.

Untuk itu, dia berharap Surabaya nantinya memiliki Surabaya Techno and Culture Center sebagai wadah pengembangan dan fasilitas di bidang teknologi digital serta kebudayaan sebagai jati diri Kota Surabaya .

Karena itu, melalui Kopdarsus PSI Surabaya  2024, pihaknya akan mendukung pemimpinan muda Kota Surabaya untuk mengambil alih tingkat estafet kepemimpinan. Ini demi masa depan generasi muda dan masa depan Kota Surabaya tercinta.

“Sekali lagi, kita akan menyampaikan ini ke Bro Richard sebagai sosok yang kita harapkan bisa mewujudkan mimpi-mimpi kita, serta linier dengan program yang diusung Mas Gibran,” kata Dion.

Dion menambahkan, pihaknya juga akan menyampaikan dukungan ini kepada partai-partai peserta pemilu, bahwa ini adalah sikap dan aspirasi dari anak muda, milenial, gen Z, dan pelajar Surabaya.

Ditanya deklarasi dukungan ke Richard ini untuk posisi Wali Kota atau Wakil Wali Kota? Dion mengaku tidak tahu. Ini tergantung partai-partai yang mengusungnya nanti.

“Ini hanya deklarasi dukungan kepada Bro Richard untuk maju Pilkada Surabaya 2024. Karena dia sangat peduli dengan anak- anak muda. Yang jelas, siapapun wali kota yang terpilih nanti diharapkan memberikan ruang dan fasilitas kebutuhan anak muda di Surabaya ini, “pungkas dia. KBID-BE

Related posts

ASBWI Gelar Festival Sepakbola Putri Usia 12 Tahun di Sidoarjo

RedaksiKBID

DPRD Surabaya Dukung Upaya Pemberantasan Kelompok Perusuh yang Resahkan Warga

RedaksiKBID

Survei Manulife Sebut Minat Kelola Kesehatan-Keuangan Warga Indonesia Tinggi

RedaksiKBID