KampungBerita.id
Surabaya Teranyar

Kurangi Kasus Pasung, Rumah Sakit Jiwa Menur Miliki MLM Pasung

Dr drg Sri Agustina Ariandani

KAMPUNGBERITA.ID – Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Menur mempunyai inovasi yang cukup unik yakni Multi Level Management (MLM) Pasung. MLM tersebut menjadi salah satu program andalan Jawa Timur di ajang United Nation Public Service Awards (UNPSA) untuk kategori kesehatan jiwa.

Direktur RSJ Menur, Dr drg Sri Agustina Ariandani mengatakan, MLM Pasung merupakan sebuah terobosan baru dalam tata kelola korban pasung di Jawa Timur dengan menggunakan pendekatan kemitraan strategis antara Pemerintah dan masyarakat. Pemerintah di masing-masing level bersinergi untuk mempercepat penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang dipasung.

“Bentuk kerjasamanya dibuat berjenjang yang mirip Multi Level Marketing, level pemangku kepentingan yang lebih tinggi menggerakkan level pemangku kepentingan dibawahnya. Mulai dari Pemerintah Provinsi, kabupaten/kota, kecamatan hingga desa, semua terlibat aktif,” ujar pejabat yang akrab disapa Agustina di RSJ Menur, Senin (26/2).

Penerapan MLM Pasung, lanjutnya, telah terbukti mengurangi kasus pasung di beberapa daerah. Misalnya pada 2014, dari 100 orang yang dipasung di Kabupaten Ponorogo, berkurang menjadi 40 orang pada 2015.

“Saat itu paling tinggi korban pasung memang di Ponorogo. Keseriusan Pemprov Jatim dibawah kepemimpinan Pakde Karwo (Gubernur, red) dibuktikan dengan pencanangan Jawa Timur Bebas Pasung di Ponorogo pada 20 Juni 2014,” jelas dia.

Lebih lanjut, setelah MLM Pasung dikembangkan berbagai daerah di Jawa Timur, ternyata hasilnya kembali dapat menurunkan angka kasus pasung secara signifikan. Pada 2014 tercatat sebanyak 1.033 orang yang dipasung, sedangkan pada 2017 tersisa hanya 749 orang.

“Dari seluruh yang sudah dibebaskan, RSJ Menur sudah merawat sebanyak 277 orang korban pasung. Mereka ini biasanya karena ada penyakit penyerta akibat lamanya dipasung seperti kaki mengecil, kekakuan otot kaki dan kelumpuhan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, inovasi MLM Pasung berhasil masuk dalam top 35 inovasi pelayanan publik tahun 2016. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) kemudian memberikan kesempatan pada MLM Pasung untuk menjadi salah satu peserta UNPSA mewakili Jawa Timur.KBID-NAK

Related posts

DPRD Surabaya Minta PDAM Perbaiki Kualitas Layanan

RedaksiKBID

Sumiati, CJH Berumur 107 Tahun yang Gemar Makan Sayur dan Minum Air Putih

RedaksiKBID

Pemkot Mojokerto Bantu 101 Warga Penerima Bantuan Rumah Swadaya Senilai Rp 2,1 Miliar

RedaksiKBID