KampungBerita.id
Kampung Raya Peristiwa Surabaya Teranyar

Mahasiswa Unipra Desak Wali Kota Eri Cahyadi Melebur BUMD yang Tidak Sehat

Mahasiswa FISIP Unipra Surabaya ketika berorasi di depan Balai Kota Surabaya.@KBID-2022.

KAMPUNGBERITA.ID-Puluhan mahasiswa FISIP Universitas WR Supratman (Unipra) Surabaya melakukan unjuk rasa damai di depan Balai Kota Surabaya, Kamis (15/12/2022). Mereka menyuarakan sejumlah tuntutan terkait janji Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi.

Salah seorang mahasiswa, Riski Ahmad Taufik mengatakan, pihaknya menagih janji Eri Cahyadi soal BUMD milik Pemkot Surabaya yang tidak sehat dari sisi keuangan akan dimerger.

“Meminta kepada Wali Kota Surabaya (Eri Cahyadi ) untuk menepati janjinya untuk menggabung BUMD-BUMD yang tidak sehat,”kata dia, Kamis (15/12/2022).

Dia mengingatkan, agar Eri Cahyadi mengevaluasi BUMD yang selama ini dinilai kurang ideal. “Perbarui dasar hukum BUMD milik Pemkot Surabaya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” jelas dia.

Contoh seperti di PD RPH, yang progresnya masih belum terlihat, dan justru belakangan ini mengalami kerugian.

“Maka sesuai dengan penyataan Wali Kota Surabaya, sudah waktunya untuk dimerger atau dikembalikan ke OPD atau dinas terkait,” tutur dia.

Lebih jauh, dia menyampaikan, dasar hukum BUMD di Surabaya belum ada penyesuaian dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Mengingat sejak terjadinya perubahan sistem Perda sesuai dengan Undang-undang Pemerintah Daerah No 23 Tahun 2014,” pungkas dia.

Terakhir, mahasiswa FISIP Unipra Surabaya meminta Wali Kota untuk menghentikan penyertaan modal kepada BUMD.

Melansir beberapa media, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi sempat melontarkan pernyataan terkait merger BUMD yang kurang optimal.“Ketika ada BUMD yang memang tidak efektif bisa dilebur,” tutur Eri. KBID-BE

Related posts

PIRA Siap Bantu Gerindra Jatim Menangkan Pemilu 2024 dan Prabowo Presiden

RedaksiKBID

Ulang Tahun, Kader PSI Fendy Pratama Rayakan Bersama Ojol

RedaksiKBID

Tinggal Sendiri, Warga Tulangan Ditemukan Tak Bernyawa dalam Rumah

RedaksiKBID