KampungBerita.id
Kampung Raya Peristiwa Surabaya Teranyar

Masjid Al-Mubarok Medayu Kurban 14 Kambing, Masjid Darul Anwar Genting Tambak Dalam 5 Sapi dan 8 Kambing

Warga Medokan Ayu Utara VIII E memotong hewan kurban di halaman Masjid Al Mubarok untuk dibagikan kepada warga sekitar.@KBID-2023.

KAMPUNGBERITA.ID-Pengurus Masjid Al-Mubarok Jalan Medokan Ayu (Medayu) Utara VIII-E, Kecamatan Rungkut Surabaya, menyembelih 14 ekor kambing pada Hari Raya Idul Adha 1444 H, Kamis (29/6/2023).

Penyembelihan hewan kurban ini merupakan kali pertama sejak dimulainya pembangunan Masjid Al-Mubarok pada September 2022.e

Pgurus Masjid Al-Mubarok memastikan daging hewan kurban yang dibagikan itu terjamin sehat dan halal.

Bahkan, untuk memastikan hal itu, petugas dokter hewan dari Balai Besar Karantina Hewan Tanjung Perak Surabaya (Kementerian Pertanian) melakukan pemeriksan langsung di Masjid Al-Mubarok.

“Pemeriksaan hewan kurban itu ada dua, post-mortem dan ante-mortem. Kalau ante-mortem sebelum hewan itu dipotong, kalau post-mortem setelah hewan dipotong,” kata petugas Balai Besar Karantina Hewan Pertanian Tanjung Perak Surabaya, drh Darusman di sela pemeriksaan.

Dia menjelaskan, pemeriksaan post-mortem ini dilakukan dengan cara melihat langsung kondisi fisik organ dalam dari hewan kurban.

“Kita melakukan pemeriksaan bagaimana fisik hatinya, ada enggak di situ cacing hatinya, ada enggak di situ topologi atau bentuk dari pada kekencangan dan kekentalan hati itu berubah tidak dari normalnya,” ungkap dia.

Dari hasil pemeriksaan di Masjid Al-Mubarok, drh Darusman menyatakan, bahwa seluruhnya dipastikan dalam kondisi sehat.

Sebelumnya, drh Darusman mengaku, juga melakukan pemeriksaan ante-mortem dan post-mortem hewan kurban di Masjid As-Salam yang berada di wilayah sekitar. Sebanyak 68 ekor kambing dan 6 ekor sapi yang telah diperiksanya juga dipastikan dalam kondisi sehat.

Sementara Ketua Panitia Pembangunan Masjid Al-Mubarok, Acep Sugianto mengaku bersyukur karena pada Hari Raya Idul Adha 2023 ini, Masjid Al-Mubarok bisa mengadakan kurban dan Salat Id perdana.

“Alhamdulillah, Masjid Al-Mubarok mengadakan salat perdana Idul Adha dan kurban. Alhamdulillah diberi amanat masyarakat dapat 14 ekor kambing, itu dari masyarakat dan sebagian dari panitia,” kata Acep Sugianto.

Dia menambahkan, bahwa daging kurban yang telah dipotong ini kemudian dibagikan kepada masyarakat di sekitar Masjid Al-Mubarok. Seperti di antaranya, warga di wilayah RT5 / RW11 dan RT1-4 /RW15, Medokan Ayu Surabaya.

“Karena kita harus menjalin silaturahmi ke warga sekitar, biar masjid ini lebih maju dan lebih makmur untuk diadakan kurban, salat dan kegiatan lainnya,” pungkas dia.

Sementara di Masjid Darul Anwar di Jalan Genting Tambak Dalam, Kelurahan Genting-Kalianak, Kecamatan Asemrowo, usai melaksanakan salat Id dilakukan penyembelihan 5 ekor sapi dan 8 kambing dari warga.

Ketua RT-01/RW-02, Wahyu mengatakan, daging kurban dibagikan kepada warga sekitar Masjid Darul Anwar.
“Sebelum penyembelihan, panitia membagikan kupon kepada warga sekitar. Kupon itu nantinya bisa dipakai atau ditukarkan daging kurban, ” jelas dia. KBID-BE

Related posts

Apresiasi Dedikasi Tim Unair Tangani Covid-19, Ketua DPRD: Bikin Bangga Surabaya

RedaksiKBID

Malam Pergantian Tahun, Jalanan di Surabaya Sepi

RedaksiKBID

Risma Klaim Surabaya Zona Hijau, Khofifah Minta Tunggu Update BLC

RedaksiKBID