KampungBerita.id
Headline Kampung Raya Nasional Politik & Pilkada Surabaya Teranyar

PDI-P Usung Ganjar Capres, Ini Alasan Megawati Umumkan di Hari Kartini

Ketua Umum PDI-P, Megawati Soekarno Putri.@KBID-2023/IST

KAMPUNGBERITA.ID-Ketua Umum PDI-P, Megawati Soekarnoputri secara resmi mengumumkan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo sebagai capres yang akan diusung pada Pilpres 2024. Pengumuman ini dilakukan di Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat pada Jumat (21/4) siang, yang bertepatan dengan peringatan Hari Kartini.

“Pada Hari Kartini ini, 21 April 2023, sekaligus tonggak perjuangan perempuan Indonesia yang nondiskriminatif, setara, dan dijamin konstitusi negara, maka pada jam 13.45 dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim menetapkan saudara Ganjar Pranowo sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai Calon Presiden RI dari PDI-P,” ujar Megawati itu dalam pengumuman yang disiarkan langsung oleh saluran Youtube PDI-P, seperti dilansir CNN Indonesia, Jumat (22/4/2023).

Dalam paparannya, Megawati mengatakan RA Kartini ditetapkan Presiden pertama RI Sukarno sebagai pahlawan kemerdekaan nasional karena telah menjadi sosok pembebas, dan pelopor untuk mengangkat harkat dan martabat kaum perempuan.”Kata Bung Karno, perempuan adalah jalan peradaban,” ujar dia.

Megawati yang juga Presiden kelima RI itu mengaku sengaja memilih tanggal 21 April ini untuk mengumumkan PDI-P bakal mengusung Ganjar sebagai capres pada Pilpres 2024.
“Tanpa perempuan sebenarnya kita tidak bisa maju, karena dari sebuah pantun seperti Burung Garuda melayang ke angkasa dengan kepak dua sayapnya, kiri kanan, perempuan dan laki-laki. Satu sayap patah, tidak bisa terbang. Oleh sebab itu, saya sengaja memilih 21 April untuk menyampaikan pengumuman penting yang sejak lama dinanti rakyat Indonesia,” ungkap dia.

Ganjar yang merupakan kader PDI-P dalam beberapa waktu terakhir memang kerap disebut bakal maju pada Pilpres 2024. Di antara kader PDI-P lain, nama Ganjar pun terbilang yang paling moncer elektabilitasnya setidaknya setahun terakhir di sejumlah survei lembaga secara berkala.

Teranyar pada riset Indikator Politik yang dirilis 19 April lalu mendapati Ganjar memiliki elektabilitas 19,8 persen–kedua setelah Ketua Umum Gerindra yang juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Senada pula pada hasil survei LSI yang dirilis pada 9 April di mana Ganjar ada di urutan kedua setelah Prabowo dengan elektabilitas 26,9 persen.

Sementara riset SMRC yang dirilis pada 15 April lalu mendapati elektabilitas Ganjar sebagai yang tertinggi yakni 16,5 persen, disusul Prabowo sebesar 16,3 persen.

Dua bulan lalu, Ganjar menempati posisi teratas di survei elektabilitas calon presiden 2024 yang dirilis Litbang Kompas, Rabu (22/2/2023).

Litbang Kompas menyebut elektabilitas Ganjar disebut konsisten naik dari Januari 2022 sampai Januari 2023. Pada Januari 2022, elektabilitas Ganjar mencapai 20,5 persen. Kemudian pada Juni 2022, naik menjadi 20 persen. Lalu, Oktober 23,2 persen dan terus naik pada Januari 2023 dengan elektabilitas mencapai 25,3 persen. KBID-CNN/BE

Related posts

Terima Kunjungan Mahasiswa Universitas Ciputra, Arief Fathoni Tegaskan Berpolitik Itu Asyik dan Menyenangkan

RedaksiKBID

Pelajar Ponpes Darul Ma’arif Lamongan Dibekali Wawasan Kebangsaan

RedaksiKBID

9 Ormas Menolak, Rocky Gerung Batal Hadiri Diskusi Publik di Tuban

RedaksiKBID