KampungBerita.id
Kampung Raya Teranyar

Polresta Sidoarjo Selidiki Dugaan Penyelewengan Sewa Tanah Kas Desa Sidomojo

Kantor Balai Desa Sidomojo, Krian, Sidoarjo. @KBID2021

KAMPUNGBERITA.ID – Dugaan adanya penyimpangan hasil sewa tanah kas desa (TKD) di Desa Sidomojo, Krian Sidoarjo yang dilakukan oleh oknum perangkat desa lama hingga kini masih diselidiki oleh kepolisian.

Terbaru, Inspektorat telah mendatangi Kantor Balai Desa Sidomojo untuk melakukan pemeriksaan dan pemanggilan. Dari informasi yang dihimpun hal tersebut dilakukan pada Rabu (10/2/2021) pekan lalu.

“Bukan hari ini, tapi sudah Rabu minggu lalu dari Inspektorat datang untuk memeriksa dan melakukan pemanggilan. Semuanya sudah clear,” ujar Carik Desa Sidomojo, Churil Fauziah ditemui Rabu (17/2/2021).

Sementara itu, Wakasat Reskrim Polresta Sidoarjo, AKP Imam Yuwono mengatakan bahwa sampai saat ini dugaan kasus penyelewengan hasil sewa tanah kas desa masih dalam proses penyelidikan.

“Benar, sampai saat inu masih dalam penyelidikan, dan pengumpulan data untuk proses lebih lanjut,” ucap Imam saat dikonfirmasi.

Sekadar diketahui, TKD Sidomojo yang berada di Dusun Kalongan, Desa Gamping Krian itu dinilai tak produktif. Selain itu, irigasinya juga dinilai tak terlalu baik. Sehingga perangkat menyewakannya ke pihak swasta.

Luas lahan sekitar 5,5 hektar yang disewakan tersebut selama ini sistem sewanya tidak diketahui oleh warga secara transparan. Juli 2020 lalu, pemerintah desa mengundang badan permusyawatan desa (BPD) untuk membahas hal tersebut. Hasilnya akan dilakukan pembahasan bersama tokoh masyarakat. Kemudian hal itu dibawa saat musyawarah desa (Musdes)

Saat musdes itu, berdasarkan surat perjanjian sewa, TKD tersebut disewa sebesar Rp 31 juta pertahun. Namun rupanya dari kwitansi yang ada, harganya sebesar Rp 54 juta, yang diterima oleh salah seorang perangkat desa lama.

Karena ada selisih warga curiga ada dugaan korupsi dan akhirnya melaporkannya ke pihak kepolisian. KBID-TUR

Related posts

Permintaan Bibit ke DKPP Surabaya Meningkat, Minat Budidaya Urban Farming Tinggi

RedaksiKBID

Jelang Bergulirnya Liga 1, PT. LIB Audensi dengan Polda Jatim

RedaksiKBID

Satu PDP Corona di Sidoarjo Meninggal Dunia, Total Meninggal 4 Orang

RedaksiKBID